Isolasi dan Uji Antagonis Trichoderma spp. terhadap Kapang Penyebab Antraknosa pada Tanaman Stroberi (Faragaria vesca L.)

Fitriasari, PrilyaDewi (2013) Isolasi dan Uji Antagonis Trichoderma spp. terhadap Kapang Penyebab Antraknosa pada Tanaman Stroberi (Faragaria vesca L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Antraknosa adalah salah satu penyakit utama pada tanaman stroberi yang disebabkan oleh kapang patogen Genus Colletotrichum. Salah satu alternatif pengendalian kapang tersebut dengan penggunaan agen hayati Trichoderma spp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kapang patogen dan kapang antagonis pada tanaman stroberi, mengetahui similaritas fenotip antarisolat kapang patogen dengan kapang Colletotrichum spp. dan isolat kapang antagonis dengan kapang Trichoderma spp. serta mengetahui potensi daya penghambatan kapang anggota Genus Trichoderma terhadap pertumbuhan kapang penyebab antraknosa pada tanaman stroberi secara in vitro dan in vivo. Kapang Trichoderma spp. diisolasi dengan metode pour plate sedangkan kapang patogen diisolasi dengan metode direct plating. Uji antagonis Trichoderma spp. terhadap kapang patogen dilakukan secara in vitro dengan metode dual culture dan secara in vivo. Berdasarkan karakteristik fenotip kapang patogen PRB1 dan PRD2 diduga merupakan anggota Genus Colletotrichum dengan nilai similaritas lebih dari 80 %, sedangkan kapang antagonis TKL1 diduga anggota Genus Trichoderma dengan nilai similaritas 84 %. Isolat TKL1 dan TKL2 mampu menghambat pertumbuhan kapang PRB3 secara berturut-turut sebesar 71,07 % dan 65,27 % pada pengamatan hari ketujuh perlakuan in vitro dengan menginokulasikan kapang antagonis terlebih dahulu. Pada perlakuan in vivo kapang Trichoderma yang diinokulasikan terlebih dahulu mampu menghambat serangan kapang patogen dengan nilai intensitas serangan kapang patogen terendah yaitu 4,18 % pada tanaman stroberi varietas lokal Brastagi sedangkan pada varietas California relatif lebih rendah dalam menghambat serangan kapang patogen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/229/051203136
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 May 2013 09:04
Last Modified: 23 Oct 2021 13:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153067
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item