Formulasi Masker Alami Berbahan Dasar Bengkoang Dan Jintan Hitam Untuk Melembabkan Dan Mengurangi Kerutan Pada Kulit Wajah

MasluhiyaAF, Swaidatul (2012) Formulasi Masker Alami Berbahan Dasar Bengkoang Dan Jintan Hitam Untuk Melembabkan Dan Mengurangi Kerutan Pada Kulit Wajah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi masker pasta yang tepat dari campuran bubuk bengkoang, minyak jintan hitam, cokelat bubuk, dan madu, mengetahui pengaruh pemakaian masker alami terhadap kelembaban kulit wajah, dan mengetahui pengaruh pemakaian masker alami untuk mengurangi kerutan pada kulit wajah. Bahan yang digunakan untuk membuat formulasi masker alami ini adalah 2 gram bubuk bengkoang, 1 gram bubuk cokelat, 0.6 ml minyak jintan hitam, dan 5 ml madu. Bahan-bahan tersebut dicampurkan sehingga dihasilkan masker dengan struktur pasta yang siap digunakan. Masker digunakan setiap tiga hari sekali hingga 12 kali pemakaian masker. Masker diberikan pada sepuluh probandus wanita yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Karakteristik kulit wajah yang diamati meliputi adanya kerutan dan nilai kelembaban kulit. Data kerutan diambil secara visual dengan difoto menggunakan camera DSLR 1000D pada tiga sisi wajah (depan, kanan, kiri) dan kelembaban kulit wajah di ukur dengan skin analyzer HL-611 (Beautistyle International Corporation) yang ditempelkan langsung pada kulit wajah selama 4-5 detik. Area kulit wajah yang di ukur kelembabannya adalah dahi, hidung, dagu, dan pipi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA selang kepercayaan 95% dan uji signifikansi menggunakan SPSS 15 for windows serta uji persepsi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan kelembaban kulit wajah mulai terlihat pada minggu ke-2. Penggunaan masker pada minggu ke-6 memberikan pengaruh yang paling tinggi terhadap kelembaban kulit wajah dengan nilai rerata 36.85%. Nilai kelembaban kulit pada setiap area wajah relatif sama dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil persepsi data kerutan wajah menunjukkan adanya perubahan kerutan sebanyak 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/184/051202358
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2012 10:17
Last Modified: 22 Oct 2021 18:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153020
[thumbnail of 051202358.pdf]
Preview
Text
051202358.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item