Analisis Reservoir Karbonat Dengan Menggunakan Metode Inversi Pada Lapangan “Kalis” Formasi Batu Raja Cekungan Sumatera Selatan

Prasetya, Aridy (2011) Analisis Reservoir Karbonat Dengan Menggunakan Metode Inversi Pada Lapangan “Kalis” Formasi Batu Raja Cekungan Sumatera Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lapangan "Kalis" terletak di sub-cekungan Palembang Selatan, cekungan Sumatera Selatan. Target reservoir pada penelitian ini pada formasi Batu Raja yang terdiri dari platform carbonate dan membentuk suatu ketinggian pada arah baratlaut-tenggara dengan ketebalan sekitar 70 m. Untuk mengetahui sebaran dari impedansi akustik (IA) dan porositas dari lapangan "Kalis" dilakukan analisis dengan menggunakan metode inversi. Metode ini bertujuan untuk memodelkan parameter fisis bawah permukaan bumi menggunakan trace seismik konvensional dan dikontrol dengan data sumur. Dari hasil analisis inversi seismik yang telah dilakukan, metode inversi Model based menunjukkan hasil yang paling baik jika dibandingkan dengan metode lainnya. Hasil pemodelan ini memiliki nilai korelasi yang besar dan kesalahan yang kecil dalam hal trace seismik dan trace sintetiknya. Penampang impedansi akustik hasil inversi Model Based menggambarkan model yang baik dari batuan karbonat. Indikasi reservoir yang efektif memiliki nilai impedansi akustik yang rendah yaitu sebesar 21000-39000 (ft/s).(g/cc) dan porositas yang tinggi yaitu sebesar 9-18%. Reservoir efektif yang mengindikasikan prospek hidrokarbon ini berada pada zona-zona tertentu, antara lain pada zona di sekitar sumur dan zona ketinggian. Berdasarkan peta struktur waktu, peta sebaran impedansi akustik, dan peta sebaran porositas terdapat zona A dan zona B yang diprediksi berpotensi menjadi reservoir hidrokarbon, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk pengembangan sumur yang baru. Hal ini dikarenakan zona tersebut berada pada daerah ketinggian, nilai impedansi akustik yang kecil dan porositas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/96/051100716
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2011 09:14
Last Modified: 22 Oct 2021 15:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152927
[thumbnail of 051100716.pdf]
Preview
Text
051100716.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item