Model Program Linear Fuzzy Menggunakan Kriteria Maximin : studi kasus Optimasi keuntungan UD. Slamet Jaya Desa Baron, Kabupaten Nganjuk

RikeAstina (2011) Model Program Linear Fuzzy Menggunakan Kriteria Maximin : studi kasus Optimasi keuntungan UD. Slamet Jaya Desa Baron, Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas teknik pengambilan keputusan dengan kondisi ketidakpastian pada masalah perencanaan produksi Kijing yang memiliki tujuan memaksimumkan keuntungan. Permasalahan ini diselesaikan dengan menggunakan Program Linear Fuzzy dengan fungsi keanggotaan segitiga dan linear. Kasus yang dibahas yaitu Program Linear Fuzzy dengan Koefisien fungsi Objektif Fuzzy, Program Linear Fuzzy dengan Kendala Fuzzy serta Program Linear Fuzzy dengan Koefisien fungsi Objektif dan Kendala Fuzzy. Pencarian solusi optimal dilakukan dengan mengubah Program Linear Fuzzy yang bersifat multiobjektif ke dalam bentuk Program Linear dengan fungsi objektif tunggal yaitu menggunakan kriteria Maximin. Permasalahan akhir adalah memaksimalkan nilai keanggotaan keputusan . Setiap pencarian solusi dilakukan dengan metode simpleks menggunakan software LINDO. Solusi optimal bergantung pada nilai yang berkisar antara 0 dan 1. Penerapan Program Linear Fuzzy dengan Koefisien Fungsi Objektif dan Kendala Fuzzy pada produksi Kijing menghasilkan . Berdasarkan nilai ini, pembuat keputusan dapat memutuskan untuk menerima atau menolak solusi yang diajukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/77/051100608
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2011 10:46
Last Modified: 28 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152909
[thumbnail of 051100608.pdf]
Preview
Text
051100608.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item