Pendekatan fuzzy multi-kriteria untuk menentukan lintasan kritis pada jaringan proyek

Primaharani, Rissa (2011) Pendekatan fuzzy multi-kriteria untuk menentukan lintasan kritis pada jaringan proyek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini difokuskan pada identifikasi lintasan kritis dalam jaringan proyek yang kompleks. Terdapat inovasi baru dalam mengidentifikasi penjadwalan proyek yang memadukan logika fuzzy dan teknik Multi Criteria Decision Making (MCDM). Tujuannya adalah untuk menentukan lintasan kritis yang tidak hanya mempertimbangkan durasi dari aktivitas, tetapi juga parameter penting tambahan seperti: variabilitas durasi, biaya, perlindungan yang tersedia dan risiko revisi desain utama. Fuzzy PERT digunakan untuk menentukan nilai float (waktu luang) pada masing-masing aktivitas, yang nantinya nilai float pada masing-masing aktivitas tersebut diperlukan untuk menentukan nilai parameter MCDM pada masing-masing lintasan. Untuk lingkup ini, parameter tersebut dievaluasi mengikuti pendekatan matematis berdasarkan logika fuzzy dipadukan menggunakan ‘Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution’ (TOPSIS) untuk merangkingkan derajat kekritisan pada setiap lintasan. Jika nilai derajat kekritisan lintasan mendekati 1 maka lintasan tersebut semakin kritis. Dengan mengetahui tingkat kekritisan masing-masing lintasan pada suatu jaringan proyek, maka pelaksana proyek dapat berhati-hati dalam memonitor selama fase proyek berlangsung sehingga penyelesaian proyek dapat berjalan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/125/051102233
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2011 11:03
Last Modified: 22 Oct 2021 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152577
[thumbnail of 051102233.pdf]
Preview
Text
051102233.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item