Pendugaan Dua Tahap Pada Sistem Persamaan Nonparametrik Seemingly Unrelated Regression (SUR)

IkeNofiatin (2010) Pendugaan Dua Tahap Pada Sistem Persamaan Nonparametrik Seemingly Unrelated Regression (SUR). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SUR digunakan sebagai alat pemodelan di bidang ekonomi untuk mengetahui hubungan antar persamaan regresi dimana terdapat korelasi residual antar persamaan regresi tersebut. Jika terdapat pelanggaran terhadap asumsi dari prosedur parametrik maka prosedur nonparametrik dapat digunakan sebagai alternatif untuk menduga fungsi regresi. Metode yang digunakan adalah lokal linier. Apabila terdapat beberapa persamaan regresi nonparametrik maka metode tersebut hanya mampu menduga fungsi berdasarkan setiap persamaan regresi. Dengan menggunakan pendugaan dua tahap maka pendugaan fungsi tersebut dilakukan secara bersamaan melalui sistem persamaan SUR. Penelitian ini bertujuan untuk menduga fungsi dengan menggunakan metode lokal linier dan metode pendugaan dua tahap, mengetahui pengaruh korelasi residual antar persamaan terhadap fungsi yang dihasilkan oleh metode pendugaan dua tahap. Ukuran keakuratan model yang digunakan yaitu standard error penduga dan MSE. Pada Penelitian ini digunakan tiga data dan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi residual pada data 1, data 2, dan data 3 secara berturut-turut adalah 1,932 x 10-8, 11,543, dan 26,267. Jika dikaitkan dengan korelasi residual antar persamaan, dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai korelasi residual dalam sistem persamaan SUR, maka fungsi yang diduga berdasarkan metode pendugaan dua tahap mendekati data yang sebenarnya. Berdasarkan standard error penduga dan MSE maka metode pendugaan dua tahap lebih baik digunakan pada data yang memiliki korelasi residual antar persamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/277/051003258
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2010 09:23
Last Modified: 22 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152417
[thumbnail of 051003258.pdf]
Preview
Text
051003258.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item