Perbandingan metode maximum likelihood dan Metode maximum likelihood dengan bootstrap pada Penyimpangan asumsi normalitas dalam SEM(Structural Equation Modeling)

NurAzizah (2010) Perbandingan metode maximum likelihood dan Metode maximum likelihood dengan bootstrap pada Penyimpangan asumsi normalitas dalam SEM(Structural Equation Modeling). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Structural Equation Modeling (SEM) merupakan analisis terintegrasi antara analisis faktor konfirmatori, analisis path (jalur) dan model persamaan simultan. Salah satu asumsi pada SEM adalah asumsi normalitas. Apabila asumsi normalitas tidak terpenuhi, maka (1) nilai Chi Square yang diperoleh akan meningkat, (2) hasil analisis akan menghasilkan improper solution (hasil analisis yang tidak sesuai dengan populasi sebenarnya) (3) hasil penduga parameter yang diperoleh secara statistik akan signifikan, walaupun sebenarnya hal ini tidak signifikan pada statistiknya (West et. al. dalam Byrne (2001)). Oleh karena itu, asumsi normalitas merupakan asumsi yang penting dalam analisis SEM. Akan tetapi banyak peneliti beranggapan bahwa penyimpangan asumsi normalitas pada data dengan ukuran sampel yang besar dapat dihiraukan dengan dasar dalil limit pusat. Deleus dan Van Hulle (2004) mengemukakan bahwa cara untuk mendapatkan statistik uji yang mendekati sebaran normal yaitu dengan menggunakan metode Bootstrap. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu membandingkan hasil pendugaan parameter dan nilai p pada data yang mengalami penyimpangan normalitas multivariat pada Structural Equation Modeling menggunakan metode Maximum Likelihood (ML) dan Maximum Likelihood dengan Bootstrap (MLbootstrap). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil pendugaan parameter antara metode ML dan metode MLbootstrap. Selain itu, nilai p yang diperoleh dengan menggunakan MLbootstrap lebih kecil dibandingkan dengan metode ML.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/17/051000145
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2010 09:01
Last Modified: 22 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152397
[thumbnail of 051000145.pdf]
Preview
Text
051000145.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item