Implementasi Pengendalian Kualitas (Dengan Metode Six Sigma dan QualityFunction Deployment Fase 1) Terhadap Kajian Kinerja Kualitas Pelayanan Di Sektor Pariwisata

AgungDwijaPramono (2009) Implementasi Pengendalian Kualitas (Dengan Metode Six Sigma dan QualityFunction Deployment Fase 1) Terhadap Kajian Kinerja Kualitas Pelayanan Di Sektor Pariwisata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Six sigma adalah suatu konsep statistika yang mengukur suatu proses yang berkaitan dengan cacat. Six sigma merupakan salah satu metode pengendalian kualitas yang digunakan untuk mengetahui sampai sejauh mana persepsi para wisatawan terhadap kualitas dari pelayanan. Metode pengendalian kualitas lain yang juga didasarkan pada persepsi pelanggan atau konsumen terhadap kualitas produk adalah metode Quality Function Deployment (QFD) fase I yaitu House of Quality (HoQ). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan fase-fase DMAIC six sigma dan menerapkan prioritas karakteristik pada fase I QFD HoQ. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sigma yang diperoleh pada proses secara keseluruhan sebesar 2,017. Nilai ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan pihak Agrowisata Wonosari kepada para pengunjung telah memenuhi standar kualitas pelayanan industri di Indonesia, tetapi nilai ini masih rendah. Prioritas pertama para pengunjung tentang kualitas pelayanan yang diberikan pihak Agrowisata Wonosari adalah tingkat kesopanan yang ditunjukkan oleh para petugas Agrowisata Wonosari kepada para pengunjung yang datang, sedangkan akses transportasi dari dan menuju lokasi Agrowisata menjadi prioritas terakhir para pengunjung tentang kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/58/0509000605
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2009 09:54
Last Modified: 22 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152340
[thumbnail of 050900605.pdf]
Preview
Text
050900605.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item