Penentuan Posisi Benda Berfrekuensi Akustik Dengan Komputasi Time Delay Estimation dan Klasifikasi Menggunakan Metode Minimum Distance

KrisnaShanti (2009) Penentuan Posisi Benda Berfrekuensi Akustik Dengan Komputasi Time Delay Estimation dan Klasifikasi Menggunakan Metode Minimum Distance. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lokasi dari sebuah sumber suara banyak berperan dalam bidang industri, pendidikan, penelitian, dan keamanan. Permasalahan dari sistem lokalisasi sumber suara adalah penentuan posisi dari sumber suara dengan menggunakan pengukuran dari sinyal akustik yang diterima oleh mikrofon. Untuk mengembangkan sebuah sistem lokalisasi sumber suara yang dapat digunakan pada platform yang bergerak misalnya robot sangatlah penting untuk membangun sebuah time delay estimator dengan kompleksitas komputasi rendah dan tahan terhadap background noise atau reverberations . Pada penelitian ini digunakan metode time delay estimation dengan Linear Interpolation dan Cross Correlation dan metode Maximum Peaks untuk sebuah sistem lokalisasi sumber suara dengan metode minimum distance untuk pengenalan sektor. Evaluasi dilakukan dengan mencocokkan posisi hasi komputasi dengan keadaan sebenarnya. Dari uji coba untuk metode Linear Interpolation dan Cross Correlation yang dilakukan pada 3 sektor dari 9 sektor yang ada menghasilkan jumlah sektor cocok sebanyak kurang lebih diatas 60% dari total percobaan. Sedangkan untuk metode Maximum Peaks yang dilakukan pada 3 sektor dari 9 sektor yang ada menghasilkan jumlah sektor cocok sebanyak kurang lebih diatas 40% dari total percobaan. Evaluasi juga dilakukan terhadap waktu yang diperlukan untuk melakukan serangkaian proses metode Linear Interpolation dan Cross Correlation yang menunjukkan adanya peningkatan seiring dengan meningkatnya jumlah durasi file wav yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/36/050900358
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2009 09:32
Last Modified: 22 Oct 2021 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152315
[thumbnail of 050900358.pdf]
Preview
Text
050900358.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item