Centroid Terbaik Berdasarkan Algoritma K-means dan Partitioning Around Medoid Pada Data Yang Mengandung Outlier

Suyitno (2009) Centroid Terbaik Berdasarkan Algoritma K-means dan Partitioning Around Medoid Pada Data Yang Mengandung Outlier. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis kelompok adalah suatu metode untuk mengidentifikasi sekelompok obyek yang mempunyai kemiripan karakteristik tertentu yang dapat dipisahkan dengan kelompok obyek lainnya. Metode analisis kelompok yang sering digunakan adalah metode hierarki dan metode non-hierarki. Secara mendasar, ada dua cara pengalokasian data ke dalam masing-masing kelompok pada saat proses iterasi pengelompokan. Kedua cara tersebut adalah pengalokasian dengan cara tegas (hard) dan fuzzy. Untuk pengalokasian secara hard setiap obyek hanya dapat masuk dalam satu kelompok dan tidak menjadi anggota kelompok lainnya dan yang termasuk dalam penglokasian hard diantaranya adalah algoritma k-mean dan partitioning around medoid (PAM). Sedangkan pengalokasian secara fuzzy di mana masing-masing obyek data diberikan nilai kemungkinan untuk bisa masuk ke setiap kelompok yang ada. Keberadaan pencilan data dapat berpengaruh terhadap hasil analisis. Dalam penelitian ini ingin mencari algoritma yang menghasilkan centorid yang terbaik pada data yang mengandung outlier dengan menggunakan 3 data sekunder. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Adjusted rand index (ARI) yang dihasilkan oleh algoritma k-mean lebih kecil dibandingkan dengan nilai ARI yang dihasilkan algoritma PAM pada data yang mengandung outlier. Sehingga dapat disimpulkan bahwa algoritma Partitioning Around Medoid menghasilkan centroid yang menghasilkan pengelompokan yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma k-means pada data yang mengandung outlier.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/334/050903679
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2010 10:31
Last Modified: 22 Oct 2021 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152297
[thumbnail of 050903679.pdf]
Preview
Text
050903679.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item