Studi Tentang Pengaruh Perubahan Konsentrasi Pencemar HgCl2 terhadap Pengukuran Real-Time Potensial Listrik Kulit Katak Lembu (Rana catesbeiana

DanyWidiarto (2009) Studi Tentang Pengaruh Perubahan Konsentrasi Pencemar HgCl2 terhadap Pengukuran Real-Time Potensial Listrik Kulit Katak Lembu (Rana catesbeiana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengukur dan mempelajari karakteristik potensial listrik kulit katak secara real-time terhadap perubahan konsentrasi HgCl2. Pengukuran potensial listrik dilakukan menggunakan elektoda kalomel dengan metode Ussing. Kulit katak dijepitkan diantara dua buah ussing chamber yang telah diisi dengan larutan HgCl2 pada kulit bagian mucosal dan ringer pada kulit bagian serosal. Elektode kalomel dihubungkan dengan multimeter digital PC510 yang dilengkapi dengan interface port USB dan software PCLink untuk menampilkan potensial listrik real-time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensial listrik kulit katak lembu yang awalnya negatif meningkat seiring dengan waktu sampai titik kesetimbangan. Naiknya konsentrasi HgCl2 menyebabkan potensial awal pengukuran semakin negatif, serta periode yang diperlukan untuk mencapai titik kesetimbangan relatif semakin kecil yang menandakan bahwa laju difusinya semakin cepat akibat denaturasi protein membran. Anomali potensial listrik tersebut menunjukkan bahwa larutan HgCl2 berpengaruh terhadap potensial listrik kulit katak Lembu akibat tertutupnya kanal yang menghalangi transpor ion, sehingga timbul karakter perbedaan muatan di antara kedua chamber tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/329/050903633
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2009 09:12
Last Modified: 22 Oct 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152291
[thumbnail of 050903633.pdf]
Preview
Text
050903633.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item