Studi Pengaruh Pengaturan Tegangan (kV) dan Kuat Arus (mA) Tabung Pesawat Sinar-x untuk Radiografi Medis terhadap Dosis Serap Yang diterima Pasien

Surip (2009) Studi Pengaruh Pengaturan Tegangan (kV) dan Kuat Arus (mA) Tabung Pesawat Sinar-x untuk Radiografi Medis terhadap Dosis Serap Yang diterima Pasien. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan Sinar-x di bidang Medis semakin berkembang dengan pesat. Salah satu pemanfaatan sinar-x tersebut digunakan untuk mendiagnosa suatu kelainan anatomi dan fisiologi organ manusia dengan menggunakan tehnik Radiografi. Untuk mendapatkan kualitas radiografi tersebut perlu pengaturan tegangan (kV) dan kuat Arus (mA) tabung sinarx yang tepat. Disamping bermanfaat penggunaan sinar-x juga dapat menimbulkan suatu kerusakan sel yang terkena Radiasi ini. Besarnya kerusakan pada sel-sel yang terkena radiasi sebanding dengan besarnya dosis serap yang diterima organ tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya dosis serap yang diterima organ yang disebabkan oleh pengaturan tegangan (kV) dan kuat arus (mA) tabung pesawat sinar-x yang digunakan untu radiografi medis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kualitatif. Data-data hasil penelitian di tabelkan dan di grafik untuk mengetahui hubungan dosis serap terhadap masing-masing variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dosis serap yang diterima obyek akan semakin besar bila pengaturan tegangan (kV) dan mAs yang merupakan kombinasi perkalian kuat arus (mA) dan lamanya waktu exposure (s) ditingkatkan, kenaikan kuat arus (mA) tidak mempengaruhi besarnya dosis serap yang diterima obyek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/260/050902611
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2009 14:11
Last Modified: 22 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152221
[thumbnail of 050902611.pdf]
Preview
Text
050902611.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item