Uji alelopati tumbuhan penarik serangga musuh alami hama porang (Amorphophallus blumei (Schott) Engl.) dalam skala laboratorium

SilviaHanum (2009) Uji alelopati tumbuhan penarik serangga musuh alami hama porang (Amorphophallus blumei (Schott) Engl.) dalam skala laboratorium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

I n teraksi antar tumbuhan penarik serangga musuh alami dapat diketahui melalui uji alelopati dengan cara memberikan ekstrak tumbuhan uji satu ke tumbuhan uji yang lain kemudian diamati parameter pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak Bawangan ( Commelina benghalensis ) terhadap perkecambahan biji Sidogari ( Sida acuta ), pengaruh ekstrak Sidogari terhadap pertumbuhan Bawangan serta pengaruh ekstrak Sidogari (ES) dan Ekstrak Bawangan (EB) terhadap perkecambahan biji Sembunglangu ( Blumea sp.) , Enceng-enceng ( Senna sp.), Pulutan ( Urena lobata ), Tunggorono ( Ocimum sp.), dan pertunasan Kunyit ( Curcuma domestica ). Uji alelopati dilakukan dengan menumbuhkan biji atau potongan bagian tertentu dari tumbuhan uji dengan pemberian ES atau EB . Kemudian daya perkecambahan biji, panjang akar dan hipokotil, berat basah serta berat kering diamati. Khusus untuk C. domestica , diamati daya pertunasan, diameter dan panjang masingmasing tunas, sedangkan untuk C. benghalensis , diukur pertambahan panjang batang, jumlah akar dan panjang akar yang tumbuh. Data hasil pengamatan dianalisis dengan Independent Sample T Test untuk data tumbuhan dengan dua perlakuan dan uji oneway ANOVA untuk data tumbuhan dengan lebih dari dua perlakuan kemudian dilanjutkan dengan Uji Duncan dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ES secara umum tidak menghambat pertumbuhan batang dan pembentukan akar C. benghalensis (kecuali pertambahan panjang akar), dan EB tidak menghambat perkecambahan biji S. acuta . Perkecambahan biji U. lobata tidak dihambat ES dan EB , tetapi ES dan EB menghambat perkecambahan biji Blumea sp. , Senna sp., dan Ocimum sp.. C. domestica mengalami penghambatan daya pertunasan oleh ES tetapi tidak dihambat oleh EB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/26/050900268
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2009 14:29
Last Modified: 22 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152220
[thumbnail of 050900268.pdf]
Preview
Text
050900268.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item