Perancangan dan pembuatan perangkat pengaduk minyak nabati dengan methanol-koh berbasis debit fluida cair untuk reaktor transesterifikkasi kontinu gelombang mikro

ArifinEkoHartono (2009) Perancangan dan pembuatan perangkat pengaduk minyak nabati dengan methanol-koh berbasis debit fluida cair untuk reaktor transesterifikkasi kontinu gelombang mikro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif pengganti solar. Biodiesel dapat dihasilkan dengan cara memanaskan aliran campuran minyak nabati dengan methanol-KOH menggunakan reaktor transesterifikasi kontinu gelombang mikro. Pemanasan pada reaktor gelombang mikro memerlukan aliran campuran bahan baku yang kontinu dan campuran bersifat emulsi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat suatu perangkat yang dapat mengaduk campuran bahan baku kemudian mengalirkan campuran bahan ke dalam reaktor secara kontinu. Komponen-komponen pada perangkat pengaduk terdiri atas dua buah tandon untuk menampung masing-masing minyak nabati dan methanol KOH, regulator kotak persegi yang mempunyai dua bilik untuk menjaga volume masingmasing fluida agar tetap konstan, dua buah keran berskala seperempat lingkaran untuk mengatur besar debit aliran masingmasing fluida, dan pengaduk dengan masukan pipa konfigurasi Y tersambung dengan sebuah pompa. Hukum Bernoulli yang diaplikasikan adalah penjagaan tekanan pada suatu penampung yang akan menghasilkan debit aliran bebas yang kontinu sepanjang waktu. Pengaruh perbedaan bukaan masing-masing keran berskala menghasilkan ketinggian yang berbeda pada masing-masing bilik regulator. Hal ini dapat menghasilkan perbandingan debit yang diatur agar memenuhi perbandingan konsentrasi 75% : 25% (3 : 1) untuk hasil pengadukan minyak dengan methanol-KOH. Hasil dari perangkat pengaduk adalah aliran campuran bahan baku yang kontinu dan bersifat emulsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/239/050902459
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2009 10:31
Last Modified: 22 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152198
[thumbnail of 050902459.pdf]
Preview
Text
050902459.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item