Perancangan chest phantom untuk kalibrasi dosis serap radiasi sinar-x pada chest pa photo diagnostic dengan metode Entrance Skin Exposure (ESE)

RahmahWahyuni (2009) Perancangan chest phantom untuk kalibrasi dosis serap radiasi sinar-x pada chest pa photo diagnostic dengan metode Entrance Skin Exposure (ESE). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam laporan AAPM 31, ANSI membuat chest PA phantom dengan menggunakan akrilik dan aluminium (Al). Syarat dibuatnya phantom adalah memiliki densitas ( ) dan nomor atom efektif ( Z ) yang sama dengan bagian tubuh yang gantikan. Akrilik memiliki dan Z yang mendekati dan Z dada, demikian pula air. Bagian tubuh yang menerima radiasi maksimum adalah permukaan kulit. Radiasi yang berada dipermukaan kulit ini disebut entrance skin exposure (ESE ). ESE ini merupakan standar penting dan paling sering digunakan untuk memprediksi dosis yang diterima oleh pasien, sehingga dapat digunakan dalam pengujian kelayakan phantom oleh AAPM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan bahan akrilik, air dan aluminium sebagai pengganti dada yang sesuai dengan standar AAPM 31, pengaruh perbedaan pengaturan mAs terhadap ESE chest phantom dan koefisien atenuasi linier () dari chest phantom . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ESE chest PA photodiagnostic pada chest phantom yang dibuat dari bahan akrilik, air dan aluminium ini mendekati ESE acuan yang digunakan oleh AAPM 31 sebagai standar kelayakan phantom. Sehingga chest phantom yang dibuat dari bahan akrilik, air dan aluminium ini layak sesuai dengan standar AAPM 31. Pengaturan mAs yang berbeda menyebabkan dosis ESE yang diterima di permukaan chest phantom juga berbeda pada tiap pengaturan mAs-nya. Semakin besar mAs yang digunakan, maka dosis ESE yang diterima dipermukaan chest phantom juga semakin besar. Adapun koefisien atenuasi linier () chest phantom yang dibuat adalah 0,084 cm -1 pada 60 kV dan 0,068 cm -1 pada 53 kV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/223/050902324
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2009 09:06
Last Modified: 27 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152183
[thumbnail of 050902324.pdf]
Preview
Text
050902324.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item