Studi Pembentukan Matrik Reduksi Persamaan Penjalaran Tsunami (Shallow Water Equation) Dengan Metode Elemen Hingga Menggunakan Bahasa Pemrograman C Berbasis CPU-GPU

DewiAnggraeni (2009) Studi Pembentukan Matrik Reduksi Persamaan Penjalaran Tsunami (Shallow Water Equation) Dengan Metode Elemen Hingga Menggunakan Bahasa Pemrograman C Berbasis CPU-GPU. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah daerah rawan gempa, yang memicu timbulnya tsunami. Tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan oleh proses geologi didasar laut seperti gempabumi tektonik, longsoran atau letusan gunung di dasar laut. Persamaan penjalaran gelombang tsunami dapat dimodelkan secara matematis dengan Shallow Water Equation (SWE) sebagai gelombang non-dispersive . Gelombang non-dispersive berarti bahwa gelombang dengan panjang gelombang berbeda menjalar dengan kecepatan yang sama. Penyelesaian secara numerik menggunakan metode elemen hingga merupakan pilihan tepat untuk domain riil yang lebih kompleks dan fleksibel. Penggunaan metode elemen hingga mereduksi sistem persamaan SWE, yang merupakan persamaan diferensial sebagai fungsi spasial dan waktu, menjadi sistem matrik persamaan diferensial sebagai fungsi dari waktu. Dalam penelitian ini berhasil dibangun program untuk membentuk sistem matrik SWE menggunakan bahasa pemrograman C berbasis CPU-GPU dengan menggunakan library CUDA. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem matrik yang dibangun sesuai dengan hasil referensi (Aditya, 2008), dapat diselesaikan (fungsional) dan 9 kali lebih cepat dari pada model referensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/207/050902245
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2009 09:58
Last Modified: 22 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152165
[thumbnail of 050902245.pdf]
Preview
Text
050902245.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item