Pengaruh Banyaknya Amatan Hilang Terhadap Efisiensi Metode Yates dan Metode Eksak Untuk Menganalisis Data Rancangan Acak Kelompok

SitiMaghfiroh (2009) Pengaruh Banyaknya Amatan Hilang Terhadap Efisiensi Metode Yates dan Metode Eksak Untuk Menganalisis Data Rancangan Acak Kelompok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rancangan Acak Kelompok (RAK) merupakan salah satu rancangan percobaan yang sangat umum dipergunakan dalam berbagai penelitian. Pada berbagai kasus dalam menggunakan RAK sering terjadi adanya satu atau lebih amatan hilang, misalnya karena tanaman atau hewan mati, pasien meninggal, tabung reaksi pecah dan sebagainya. Adanya amatan hilang akan menjadikan masalah baru dalam analisis karena perlakuan dan kelompok tidak ortogonal. Metode yang dapat digunakan untuk mengatasi apabila terdapat amatan hilang tersebut adalah metode Yates dan metode eksak. Tujuan dari penelitian ini, akan dicari metode mana yang lebih efisien di antara keduanya dengan memperhatikan pengaruh banyaknya amatan hilang terhadap keragaman galat percobaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data hasil penelitian yang mempelajari pengaruh varietas jagung terhadap tingkat produksi jagung. Untuk keperluan analisis dilakukan beberapa penyesuaian dengan menghilangkan satu atau lebih amatan secara acak, baik penghilangan amatan pada perlakuan yang sama maupun penghilangan amatan pada perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa semua Kuadrat Tengah Galat (KTG) yang dihasilkan dengan metode Yates lebih kecil dibandingkan dengan KTG dari metode eksak, baik amatan yang hilang terjadi pada perlakuan berbeda maupun pada perlakuan yang sama. Metode Yates lebih efisien daripada metode eksak. Efisiensi relatif menurun seiring dengan peningkatan banyaknya amatan hilang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/174/050902021
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2009 09:56
Last Modified: 22 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152131
[thumbnail of 050902021.pdf]
Preview
Text
050902021.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item