Optimasi hubungan antar kelas dari data konsumen yang terklasifikasi pada perusahaan retail menggunakan algoritma semut

Supriyono (2009) Optimasi hubungan antar kelas dari data konsumen yang terklasifikasi pada perusahaan retail menggunakan algoritma semut. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tugas akhir ini dibahas mengenai hubungan antar kelas dari data konsumen yang terklasifikasi pada perusahaan retail menggunakan algoritma semut. Kelas-kelas tersebut diperoleh dari data-data transaksi yang terkumpul dari beberapa konsumen yang melakukan pembelian barang. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Algoritma Semut dalam menentukan hubungan antar kelas menggunakan perangkat lunak, berdasarkan hasil yang didapat juga akan dilihat optimalisasi Algoritma Semut dalam mencari hubungan dari kelas-kelas yang ada. Algoritma Semut adalah algoritma yang bekerja berdasarkan agen yang memanipulasi kebiasaan semut secara ilmiah. Pada penerapan Algoritma Semut menirukan bagaimana semut-semut membangun atau memodifikasi solusi dari permasalahan dan prosedur peremajaan jejak pheromone. Hasil akhir yang didapat pada tugas akhir ini adalah berdasarkan uji coba yang dilakukan untuk optimalisasi Algoritma Semut dalam menentukan hubungan antar kelas yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/172/050902019
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2009 09:33
Last Modified: 22 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152129
[thumbnail of 050902019.pdf]
Preview
Text
050902019.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item