Induksi akar rambut pada hipokotil tomat (Lycopersicon esculentum, Mill.) melalui transformasi genetik dengan Agrobacterium rhizogenes dan penambahan auksin

ShintaMarinaPuspitaKawalNegara (2009) Induksi akar rambut pada hipokotil tomat (Lycopersicon esculentum, Mill.) melalui transformasi genetik dengan Agrobacterium rhizogenes dan penambahan auksin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tomat mengandung metabolit sekunder yang bermanfaat penting bagi kesehatan. Pentingnya manfaat tersebut menyebabkan kandungan metabolit sekunder perlu ditingkatkan. Teknik kultur jaringan melalui kultur akar rambut dapat meningkatkan metabolit sekunder. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh transformasi genetik dengan A. rhizogenes dan penambahan auksin terhadap induksi akar rambut pada hipokotil tomat. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial. Induksi akar rambut dilakukan dengan transformasi genetik dan perlakuan auksin. Transformasi genetik dilakukan dengan mengiinokulasi A. rhizogenes pada eksplan hipokotil tomat selama 0, 15, 30, dan 60 menit sedangkan perlakuan auksin dilakukan pada medium MS ditambah NAA atau IBA dengan konsentrasi 0, 2, 4, dan 6 mg/L. Eksplan akar rambut hasil transformasi genetik dan perlakuan auksin terbaik dikulturkan dalam MS cair tanpa zpt dan dengan penambahan zpt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi genetik dengan A. rhizogenes pada eksplan hipokotil dapat meningkatkan jumlah dan berat basah akar rambut. Lama inokulasi 15 menit meningkatkan jumlah dan berat basah akar rambut lebih tinggi dibandingkan perlakuan lainnya. Efisiensi transfomasi genetik pada lama inokulasi 15 menit adalah sebesar 67%. Penambahan NAA dapat meningkatkan jumlah dan berat basah akar rambut lebih tinggi dibandingkan dengan IBA. Penambahan NAA 6 mg/L dapat meningkatkan pertumbuhan akar rambut paling tinggi dibandingkan perlakuan lainnya. Meskipun demikian, IBA lebih mempercepat waktu munculnya akar rambut dibandingkan NAA. Eksplan akar rambut hasil transformasi genetik dapat menginduksi akar rambut pada media tanpa zpt lebih tinggi dibandingkan eksplan hasil perlakuan auksin sedangkan pada media dengan penambahan zpt, eksplan hasil perlakuan auksin lebih menginduksi akar rambut dibandingkan eksplan hasil transformasi genetik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/166/050901997
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2009 09:25
Last Modified: 22 Oct 2021 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152122
[thumbnail of 050901997.pdf]
Preview
Text
050901997.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item