Pengolahan Data Seimik Darat 3D Post Stack Time Migration Dengan Menggunakan Migrasi F-K Untuk Menghasilkan Data 3D Volumetrik dan Time Slice

RezaJuanda (2009) Pengolahan Data Seimik Darat 3D Post Stack Time Migration Dengan Menggunakan Migrasi F-K Untuk Menghasilkan Data 3D Volumetrik dan Time Slice. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data volumetrik sangat diperlukan untuk menghasilkan penampang seismik inline dan crossline serta time slice yang berguna untuk mencari jebakan hidrokarbon berupa saltdiapir, Mayor Unconformities, reef dsb. Metode seismik yang dapat memberikan informasi volumetrik adalah metode pengolahan data seismik 3D. Dengan menggunakan metode ini maka data yang didapat bukan hanya berupa bidang dari objek tapi merupakan data volume dari bentuk 3D. Sehingga dalam proses migrasi dapat dilakukan pada segala arah dalam area penelitian. Metode seismik 3D dapat mengatasi persoalan mistie yang sering terjadi pada metode seismik 2D karena pada metode seismik 3D dapat dilakukan pengecekan data berdasarkan inline dan crossline serta time slice dari data tersebut sehingga posisi reflektor pada data 3D lebih akurat terhadap seluruh area penelitian. Penelitian ini merupakan proses mengubah data lapangan (data aquisisi) menjadi penampang seismik untuk dapat diinterpretasikan pada tahap advance processing. Proses analisis kecepatan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan dengan proses yang sangat teliti agar menghasilkan reflektor yang tepat dan jelas pada proses NMO dan stack . Hasil dari migrasi F-K menunjukkan penampang seismik yang memiliki reflektor jelas dan tajam pada semua inline dan crossline . Slicing time dilakukan pada area yang memiliki reflektor kuat dan jelas untuk digunakan sebagai perbandingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/162/050901945
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2009 09:59
Last Modified: 22 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152118
[thumbnail of 050901945.pdf]
Preview
Text
050901945.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item