Studi Amblesan Badan Jalan Raya Jalur Caruban-Ngawi Berdasarkan Survai Geolistrik Resistivitas Pseudodepth

Suwondo (2009) Studi Amblesan Badan Jalan Raya Jalur Caruban-Ngawi Berdasarkan Survai Geolistrik Resistivitas Pseudodepth. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Geofisika telah dilakukan untuk mengetahui sebab amblesan badan jalan raya di jalan Ngawi-Caruban pada Km 172 + 450 m. Metode Geofisika yang digunakan adalah geolistrik resistivitas pseudodepth konfigurasi dipole-dipole . Akuisisi data resistivitas dilakukan menggunakan Resistivity Meter ABEM pada dua lintasan. Pada lintasan N-1 diperoleh 45 data, spasi 20 m dengan panjang bentangan 240 m. Pada lintasan N-2 diperoleh 21 data, spasi 20 m dengan panjang bentangan 200 m. Pengolahan dari masingmasing parameter dimodelkan dengan menggunakan software Res2Dinv 3.54 untuk mendapatkan model pseudodepth section . Berdasarkan hasil interpretasi data pada kedua lintasan didapatkan penyebab amblesan badan jalan raya yaitu di bawah jalan terdapat lapisan tidak stabil. Lapisan tidak stabil itu diduga lapisan sedimen tanah lempung. Sedimen tanah lempung di bawah jalan raya pada line N-1 ditunjukkan dengan nilai resistivitas 1.47-12.8 Ωm di kedalaman antara 13-30 m. Sedimen lempung di line N-2 ditunjukkan dengan nilai resistivitas 1,4-11,4 Ωm di kedalaman antara 9-23 m.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/160/050901943
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2009 10:18
Last Modified: 22 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152116
[thumbnail of 050901943.pdf]
Preview
Text
050901943.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item