Studi reservoar hidrokarbon pada batuan sedimen klastik menggunakan analisis AVO [Amplitude Versus Offset] data seismek 2D lapangan 'X' Cekungan Jawa Timur Utara

RikyHendrawanBayuPandita (2009) Studi reservoar hidrokarbon pada batuan sedimen klastik menggunakan analisis AVO [Amplitude Versus Offset] data seismek 2D lapangan 'X' Cekungan Jawa Timur Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi keberadaan hidrokarbon pada lapangan ‘X’ Blok Tuban Timur. Hasil pemboran pada sumur Gn mengindikasikan keberadaan reservoar hidrokarbon pada Formasi Ngrayong. Zona 4200 merupakan zona yang terbukti mengandung gas dan minyak dengan kuantitas berdasarkan data pemboran, mencapai 609 BOPD (Barrel Oil per Day) dan 0,21 MMCFD (Million of Cubic Feet per Day ). Zona 4200 merupakan zona yang mempunyai karakteristik reservoar yang cukup menarik. Hal ini karena litologi batuan pada zona tersebut merupakan batuan sedimen klastik dengan nilai kontras akustik impedansi yang tinggi apabila dibandingkan dengan lapisan di sekitarnya. Penelitian dilakukan menggunakan metoda AVO (Amplitude Versus Offset ) yaitu dengan menganalisis karakter dari perubahan amplitudo terhadap perubahan offset . Data sumur telah di kaji melalui analisis data log. Untuk menentukan kelas AVO pada zona 4200, dilakukan perbandingan antara pemodelan sintetik insitu gas case dengan pemodelan sintetik brine filled (kondisi 100% Sw) agar diketahui nilai intercept dan gradient pada kedua data tersebut. Untuk menguji konsistensi keberadaan anomali AVO pada zona 4200 digunakan metode analisis gradient pada data gather , super gather dan data RNMO (Residual Normal Move Out) pada penampang seismik A,B dan C. Sebaran anomali AVO pada sekitar zona target dapat diketahui dengan menggunakan atribut AVO yakni intercept dan gradient crossplot. Dari penelitian tersebut dapat diketahui, berdasarkan analisis gradient dan intercept menunjukkan bahwa zona 4200 termasuk dalam AVO kelas 1 dengan konsistensi sebaran anomali AVO yang tidak terlalu dominan kearah lateral.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/158/050901941
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2009 09:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152114
[thumbnail of 050901941.pdf]
Preview
Text
050901941.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item