Analisis Bentuk, Distribusi, dan Kerapatan Kristal Kalsium Oksalat pada Beberapa Varian Porang (Amorphophallus blumei (Schott) Engl.) Di Klangon, Kecamatan Saradan, Madiun, Jawa Timur

EvitEndriyeni (2009) Analisis Bentuk, Distribusi, dan Kerapatan Kristal Kalsium Oksalat pada Beberapa Varian Porang (Amorphophallus blumei (Schott) Engl.) Di Klangon, Kecamatan Saradan, Madiun, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, distribusi serta kerapatan kristal kalsium oksalat pada organ daun, batang dan umbi pada beberapa varian porang ( Amorphophallus blumei (Schott) Engl.) yang ditemukan di Klangon, Kecamatan Saradan, Madiun, Jawa Timur. Penelitian dimulai dengan eksplorasi tanaman Porang kemudian dilanjutkan dengan karakterisasi berdasarkan ciri-ciri morfologi. Ciri-ciri yang diamati meliputi warna dan bentuk totol-totol pada permukaan tangkai daun, diameter tajuk, keliling dan jumlah bulbil, juga warna daging umbi. Pengamatan mikroskopis yang dilakukan dengan mengiris tangkai daun dan umbi dan juga wholemount pada daun menggunakan metode clearing yang telah dimodifikasi oleh Illarsan dkk. (2001). Data dianalisis dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNT dengan 1 = 0,05. Hasil karakterisasi morfologi menunjukkan bahwa ada tiga varian tanaman Porang. Hasil pengamatan mikroskopik menunjukkan ada lima bentuk kristal yang ditemukan. Kristal-kristal itu meliputi: rafida berukuran besar, rafida berukuran kecil, druse, dan dua bentuk kristal yang belum diketahui yang disebut X1 dan X2. Rafida berukuran besar dan druse mempunyai distribusi tertinggi dibandingkan tiga kristal yang lainnya pada tiga organ. Ada perbedaan signifikan pada kerapatan rata-rata total kristal pada tangkai daun antar varian, tetapi tidak ada perbedaan signifikan pada daun dan umbi. Kerapatan kristal per-cm2 tertinggi masing-masing dimiliki daun varian 1, tangkai daun varian 2 dan umbi varian 3. Druse mempunyai kerapatan dan kerapatan relatif tertinggi pada ketiga organ dari tiga varian. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa varian 1 kemungkinan kurang toksik untuk dikonsumsi dengan kerapatan terendah pada umbi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/15/050900208
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2009 10:31
Last Modified: 22 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152106
[thumbnail of 050900208.pdf]
Preview
Text
050900208.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item