Esterifikasi Linalool dalam Minyak Kenanga Hasil Distilasi Bunga Kenanga (Cananga odorata Hook. f. & Thoms.) dan Uji Aktivitasnya Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus

HeppyYulianita (2009) Esterifikasi Linalool dalam Minyak Kenanga Hasil Distilasi Bunga Kenanga (Cananga odorata Hook. f. & Thoms.) dan Uji Aktivitasnya Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Linalool sebagai salah satu komponen utama minyak kenanga, dapat diubah menjadi senyawa esternya yaitu linalil asetat. Linalil asetat bermanfaat sebagai bahan parfum, kosmetik, dan sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanasan terhadap kadar ester linalil asetat dalam minyak kenanga hasil esterifikasi dan mengetahui aktivitasnya terhadap bakteri S. aureus . Perubahan komponen penyusun minyak kenanga hasil esterifikasi akan mempengaruhi aktivitasnya sebagai antibakteri. Esterifikasi dilakukan dengan mereaksikan minyak kenanga, asam asetat anhidrid, dietil eter, ZnCl2 melalui pemanasan dalam refluks dan tanpa pemanasan. Profil penyusun minyak kenanga sebelum dan setelah esterifikasi dikarakterisasi dengan kromatografi gasspektrometri massa (KG-SM) dan uji antibakteri dilakukan menggunakan metode difusi cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaksi esterifikasi linalool dengan asam asetat anhidrid dan katalis ZnCl2 menggunakan pemanasan dalam refluks dihasilkan ester linalil asetat dengan rendemen sebesar 13,25 % sedangkan esterifikasi linalool tanpa pemanasan tidak dihasilkan ester linalil asetat. Pemanasan mempengaruhi reaksi esterifikasi yaitu dengan adanya pemanasan akan meningkatkan ester linalil asetat yang dihasilkan. Minyak kenanga hasil esterifikasi menurunkan aktivitasnya sebagai antibakteri S. aureus .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/136/050901563
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2009 10:20
Last Modified: 22 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152093
[thumbnail of 050901563.pdf]
Preview
Text
050901563.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item