Pengendalian proses produksi menggunakan grafik kendali T2 hotelling dengan run rules : studi kasus pada Produksi Semen Jenis Ordinary Portland Cement (OPC) di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

TukhfatulMardiliyah (2009) Pengendalian proses produksi menggunakan grafik kendali T2 hotelling dengan run rules : studi kasus pada Produksi Semen Jenis Ordinary Portland Cement (OPC) di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. merupakan pabrik penghasil semen. Salah satu jenis semen yang dihasilkan adalah Ordinary Portland Cement (OPC) yang memiliki enam variabel yang berhubungan yaitu blaine, free lime, SO3, CaO , mesh , dan time sehingga dikendalikan secara simultan menggunakan grafik kendali T2 Hotelling. Grafik kendali T2 Hottelling hanya menggunakan batas kendali atas (BPA). Suatu titik dikatakan tidak terkendali ( out-of-control) jika titik-titik pengamatan keluar dari batas kendali dan memiliki pola yang tidak acak sehingga ditambahkan aturan run ( run rules ) sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kondisi out-of-control . Jika titik-titik melewati BPA maka dilanjutkan dengan dekomposisi nilai T2 menggunakan dekomposisi MYT (Mason Yuong Tracy). Pada penelitian ini, semen OPC belum terkendali. Hal ini ditandai dengan adanya 8 titik yang out-of-control yaitu 6 titik memenuhi run rules I dan 2 titik memenuhi run rules II. 6 titik yang memenuhi run rules I didekomposisi MYT untuk mengetahui variabel yang menyebabkan titik-titik tersebut tidak terkendali. Variabel tersebut adalah blaine, free lime , SO3 dan mesh. Dengan diagram pareto diketahui bahwa 78.6% ketidaksesuaian OPC hanya disebabkan blaine dan mesh. Selanjutnya dengan diagram sebab akibat didapatkan 14 faktor (berdasarkan pendapat karyawan di bagian penggilingan akhir) sebagai penyebab masalah dan dengan Nominal Group Technique (NGT) didapatkan 8 faktor dominan yang menyebabkan OPC tidak terkendali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/104/050901267
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 May 2009 10:16
Last Modified: 22 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152059
[thumbnail of 050901267.pdf]
Preview
Text
050901267.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item