Sistem Pakar Berbasis Aturan Untuk Merekomendasikan Pemain Sepakbola Asing Pada Klub Di Indonesia Dengan Metode Forward Chaining

UlulIlmi (2009) Sistem Pakar Berbasis Aturan Untuk Merekomendasikan Pemain Sepakbola Asing Pada Klub Di Indonesia Dengan Metode Forward Chaining. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelatih atau manager tim sepakbola profesional biasanya memerlukan waktu yang relatif lama dalam menentukan pemain asing yang direkomendasikan untuk dikontrak. Adanya sistem pakar dapat membantu dalam merekomendasikan pemain asing yang sesuai dengan keinginan pelatih atau manager . Penelitian ini ditujukan untuk merekomendasikan pemain asing dan serta menganalisa kesesuaian hasil antara sistem pakar dengan pakar (pelatih atau manager ). Untuk itu inferensi yang digunakan yaitu metode forward chaining dengan penalaran berbasis aturan ( ruled based reasoning ). Forward chaining merupakan suatu metode penyelesaian masalah yang digunakan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah berdasarkan kondisi yang ada serta penalaran berbasis aturan berbentuk IF – THEN . Metode ini bekerja dengan mencocokkan posisi, tipe posisi, kriteria fisik, kriteria skill, dan harga kemudian menghasilkan pemain yang sesuai. Hasil pengujian sistem ini menunjukkan kesesuaian hasil antara sistem pakar dengan pakar. Proses inferensi sangat dipengaruhi oleh knowledge engineer dalam membangun basis pengetahuan dan basis aturan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/10/050900203
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2009 09:53
Last Modified: 22 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152054
[thumbnail of 050900203.pdf]
Preview
Text
050900203.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item