Perbandingan Eigenvector Method (EM) dan Generalized Chi-Square Method (GCSM) sebagai Metode Pendugaan Bobot Prioritas Relatif pada Analytic Hierarchy Process (AHP)

ArifAshari (2008) Perbandingan Eigenvector Method (EM) dan Generalized Chi-Square Method (GCSM) sebagai Metode Pendugaan Bobot Prioritas Relatif pada Analytic Hierarchy Process (AHP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Dalam mengambil keputusan seorang pengambil keputusan seringkali dihadapkan pada suatu kondisi yang kompleks. Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang menstruktur permasalahan yang kompleks dalam sebuah hirarki yang terdiri dari beberapa level yang memuat tujuan, kriteria, dan atau sub kriteria serta alternatif pada level yang paling bawah. Pendugaan bobot prioritas relatif masing-masing elemen keputusan pada setiap level hirarki merupakan salah satu prosedur yang sangat penting dalam AHP. Pada umumnya, metode pendugaan yang digunakan oleh para pengambil keputusan untuk menduga bobot prioritas relatif adalah Eigenvector Method (EM). Beberapa metode pendugaan baru mulai dikembangkan sebagai alternatif selain EM, salah satu di antaranya adalah Generalized Chi-Square Method (GCSM). Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil pendugaan bobot prioritas relatif pada AHP yang didapatkan dari EM dan GCSM ditinjau dari jarak euclidisnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mempelajari keeratan hubungan antara tingkat konsistensi matriks perbandingan berpasangan dengan tingkat keakuratan bobot prioritas relatif yang dihasilkan oleh EM dan GCSM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data simulasi. Data terdiri dari sepuluh buah matriks perbandingan berpasangan berukuran 3x3 yang konsisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk setiap data, jarak euclidis GCSM, untuk ketiga nilai β yang digunakan, selalu lebih kecil daripada jarak euclidis EM sehingga dapat disimpulkan bahwa GCSM merupakan metode yang lebih baik daripada EM dalam menduga bobot prioritas relatif pada AHP. Selain itu, dari penelitian ini juga dapat diketahui bahwa semakin tinggi tingkat konsistensi suatu matriks perbandingan berpasangan, maka tingkat keakuratan bobot prioritas relatif yang dihasilkan oleh EM maupun GCSM cenderung semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/301/050900098
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2009 10:10
Last Modified: 22 Oct 2021 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151966
[thumbnail of 050900098.pdf]
Preview
Text
050900098.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item