Uji kualitas dan ketahanan algoritma FS pada Stego Image terhadap Image Distortion

Wardani, Made Agustia Permata (2008) Uji kualitas dan ketahanan algoritma FS pada Stego Image terhadap Image Distortion. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi pada suatu media sedemikian rupa sehingga keberadaannya tidak terdeteksi oleh pihak lain yang tidak berhak atas informasi tersebut. Ada beberapa media yang dapat digunakan untuk menyisipkan pesan dalam teknik steganografi, salah satunya adalah citra digital yang sering disebut s tego image . Steganografi pada media citra digital digunakan untuk mengeksploitasi keterbatasan kekuatan sistem penglihatan manusia dengan cara menurunkan kualitas warna pada file gambar yang belum disisipi pesan rahasia. Teknik atau algoritma yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah algoritma F5. Algoritma F5 ini menyisipkan bit data pesan ke dalam bit koefisien DCT kemudian membuat matriks encoding untuk mengurangi atau meminimalkan jumlah perubahan-perubahan yang diperlukan untuk menyisipkan suatu pesan dengan panjang tertentu. Penilaian sebuah algoritma steganografi yang baik dapat dinilai dari beberapa faktor salah satunya adalah fidelity yaitu dimana mutu atau kualitas citra penampung setelah ditambahkan pesan tidak jauh berbeda dengan kualitas citra penampung sebelum ditambahkan pesan. Dan robustness yaitu data yang disembunyikan harus tahan terhadap berbagai operasi manipulasi atau penambahan image distortion yang dilakukan pada citra stego. Oleh karena itu untuk mengetahui apakah algoritma F5 ini baik digunakan sebagai algoritma steganografi maka akan dilakukan uji kualitas dan uji ketahanan. Uji kualitas dilakukan dengan cara menghitung Root Mean Square (RMS) dari citra asli dan citra stego . Berdasarkan hasil uji coba kualitas maka didapatkan hasil yaitu rata-rata RMS dari citra input format BMP adalah 1,376% dan rata-rata citra input format JPEG adalah 1,418%. Sedangkan uji ketahanan maka citra stego akan diberi penambahan image distortion untuk mengetahui apakah data yang disembunyikan tetap valid jika diekstraksi. Dan hasil dari uji coba ketahanan ini adalah pesan dalam citra stego yang diberi penambahan efek gaussian blur dan intensitas warna tidak dapat diekstrak kembali. Sehingga algoritma F5 mempunyai kelemahan yaitu tidak tahan atau robust terhadap penambahan image distortion .

English Abstract

Steganography is a science and art of hiding message into a media such the way so the existence of the message is not recognize by human sensor system. The media itself does not suffer any significant damage. There are some media available for applied to insert message in steganography’s technique, one of them is digital image which often called as stego image. Steganography at applied digital image media for exploiting limitation of strength of system of eyesight of human with reducing quality of color at picture file which not yet been inserted message of secret. F5 algorithm is a technique which is used in this undergraduate thesis. The F5 algorithm embeds message bits into randomly-chosen DCT coefficients and employs matrix embedding that minimizes the necessary number of changes to embed a message of certain length. The good assessments of Steganography’s algorithm are fidelity or quality of cover image with secret messages is as good as cover image with no secret messages. And robustness that is hidden messages must robust from image distortions which are given in stego image. Therefore to know that F5 algorithm is good for Steganography, so it will be conducted a testing for fidelity and robustness. Fidelity testing will be conducted by calculating Root Mean Square (RMS) between original image and stego image. Based on the result of fidelity testing, the mean of RMS from input images BMP is 1,376% and mean of RMS form input images JPEG is 1,418%. And stego image will be given image distortions for robustness testing to know that secret messages which having been hidden still valid if stego image is extracted. The result of robustness testing is secret messages in stego image which is given a Gaussian blur effect and colors intensity can not be extracted. So, F5 algorithm has a weakness that is not robust from image distortions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/246/050802456
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2008 09:22
Last Modified: 11 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151907
[thumbnail of 050802456.pdf]
Preview
Text
050802456.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item