Perbandingan Model Penggantian Berdasarkan Usia Dan Blok yang Meminimumkan Ekspektasi Rate Biaya

Rohmiyani, Septi (2008) Perbandingan Model Penggantian Berdasarkan Usia Dan Blok yang Meminimumkan Ekspektasi Rate Biaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seluruh komponen yang bekerja dalam suatu sistem dalam jangka waktu tertentu, semakin lama keandalannya semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh dua sifat sistem yaitu faktor usia pakai dan pemakaian yang tidak tepat sehingga komponen menjadi aus. Dalam suatu industri keadaan semacam ini sangat tidak menguntungkan karena berkaitan erat dengan kepercayaan pelanggan, kerugian waktu tunggu, gaji yang harus dibayar kepada pekerja yang menganggur, biaya kerusakan komponen, dan lain–lain. Oleh karena itu diperlukan model penggantian yang tepat untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Terdapat dua model penggantian yaitu model penggantian berdasarkan usia dan blok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dan membandingkan waktu penggantian yang optimal dengan ekspektasi rate biaya yang minimum dari model penggantian berdasarkan usia dan blok. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data pengamatan usia pakai dan waktu perbaikan komponen Gearbox horizontal Conveyor (D) dan On Control box emergency stop buttom (E). Setelah dilakukan analisis, disimpulkan bahwa model penggantian berdasarkan usia lebih hemat dibandingkan model penggantian berdasarkan blok (model I).

English Abstract

All working component in a system in any given time periode, within longer its reliability will decrease, this is because of two characteristics of system they are usage age factor and incorrect usage hence the component become worn out. In the industrial, this kind of situation did not advantage because related to the consumer trusty, loss of waiting time, the salary to be paid to the out job worker, cost of damage component and others. Therefore needed correct replacement model to avoid larger disadvantages before the component really can not function. There were two replacement model they are based on age and block. This research purpose are to look for and compare optimal time and minimum expectation cost rate from the model based on age and block. This research used sekunder data, that is operation time data and repairment component of Gearbox horizontal Conveyor (D) and On Control box emergency stop buttom (E). After analyzed, conclude that replacement model based on age is more economical compared with replacement model based on block (model I).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/135/050801742
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2008 09:00
Last Modified: 09 Mar 2022 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151790
[thumbnail of 050801742.pdf]
Preview
Text
050801742.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item