Penerapan Analisis Gabungan CHAID (Chi Square Automatic Interaction Detection) dan Analisis LC (Latent Class) dalam Segmentasi Pasar

Alfia, Lutfi (2008) Penerapan Analisis Gabungan CHAID (Chi Square Automatic Interaction Detection) dan Analisis LC (Latent Class) dalam Segmentasi Pasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CHAID merupakan salah satu analisis dependensi yang dapat digunakan untuk melakukan segmentasi berdasarkan signifikansi statistik chisquare terhadap variabel dependennya. Analisis gabungan CHAID dan LC Cluster digunakan untuk mengatasi salah satu keterbatasan CHAID yaitu hanya mampu melakukan analisis berdasar satu variabel dependen. Analisis LC Cluster dapat digunakan untuk mengelompokkan objek menjadi segmen-segmen yang disebut latent class yang bisa digunakan sebagai variabel dependen dalam analisis CHAID. Jadi segmen-segmen yang dihasilkan dari analisis gabungan ini tidak hanya berdasar pada satu variabel dependen. Dalam penelitian ini analisis gabungan digunakan untuk melakukan segmentasi terhadap mahasiswa S1 Universitas Brawijaya angkatan 2001-2006 yang menggunakan HP GSM jenis simcard prabayar dengan provider Indosat. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah merk simcard sebagai variabel dependen, Jenis kelamin, Angkatan, Daerah asal, Lokasi tempat tinggal,besar uang saku, latar belakang memilih simcard dan 4 atribut untuk masing-masing simcard yaitu harga voucher, bonus SMS, tarif telepon, dan tarif sms. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 600 mahasiswa pengguna provider Indosat, 88.83% menggunakan simcard IM3 dan 11.17% menggunakan simcard MENTARI. Hasil analisis gabungan menghasilkan 6 segmen yang secara umum masuk dalam dua kelompok bedasarkan jenis kelamin. Faktor yang menjadi pertimbangan utama mahasiswa dalam memilih simcard IM3 adalah kemurahan tarif SMS. Mahasiswa laki-laki dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam menentukan jenis simcard yang digunakan yaitu besar uang saku, angkatan dan lokasi asal. Sedangkan mahasiswa perempuan lebih fleksibel dalam menentukan jenis simcard yang diinginkan. Mahasiswa perempuan bisa dijadikan konsumen target karena 50.5% mahasiswa masuk dalam kelompok ini. Sistem pemasaran terhadap konsumen target bisa dilakukan dengan penjualan secara langsung dengan bantuan sales yang berpenampilan menarik. Sedangkan untuk memasarkan kepada keseluruhan konsumen maka perusahaan dapat mendirikan stand promo di kampus sehingga pemasaran bisa lebih optimal dan diharapkan perusahaan dapat meraih keuntungan yang optimal.

English Abstract

CHAID is one of dependency analysis that can be used to obtain segmentation based on chi-square signification to the dependent variable. The Hybrid analysis CHAID and LC Cluster is used to solve the limitation of CHAID analysis that is analyze based on only one dependent variable. LC Cluster analysis can be used to groups objects to be latent classes that can be used to be dependent variable in CHAID analysis. So, segments obtained from this hybrid approach are based on not only one dependent variable. On this research, the hybrid approach is used to obtain segmentation of S1students of Brawijaya University period 2001-2006 who are use GSM HP with prepaid simcard from Indosat. Variables observed in this research are simcard brand as dependent variable, sex, period, island, location, money/month, background and 4 attribute for each simcard that are voucher price, card price, tariff/call, and sms tariff. Results of the analysis show that from 600 students, 88.83% are using IM3 and 11.17% are using MENTARI. The hybrid approach results 6 segments that commonly include in two groups based on sex. The main thing considered by students is cheapness on sms tariff. Male students influenced some factors in deciding the simcard they chose that are money/month, period, and location. While female students are more flexible in choosing the simcard they want. Female students can be used as target consumer because 50.5% students are in this group. Marketing system to the target consumer could be done by sold directly and help from sales who have interesting performance and great verbal skill. While to market to all consumers could be done by found promotion stands at campus so that marketing can be more optimal and wish that company will get optimal profit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/120/050801596
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2008 09:20
Last Modified: 09 Mar 2022 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151775
[thumbnail of 050801596.pdf]
Preview
Text
050801596.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item