Rancang bangun prototipe pembangkit listrik tenaga engkol

Zulafa`, Hafis Ahmad (2008) Rancang bangun prototipe pembangkit listrik tenaga engkol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan sebuah penelitian tentang bagaimana cara memperoleh energi alternatif untuk mendapatkan energi listrik. Dimana energi ini didapat dari energi mekanik mobil yang melintasi sistem. Pada perancangan alat ini digunakan dua buah piston dari banyak piston yang mungkin digunakan dan menggunakan dinamo sepeda sebagai generator listrik. Dari dua piston tersebut akan menghasilkan empat tekanan yang berfungsi untuk memutar generator listrik tiap beban yang melintas. Pada tiap beban yang lebih besar dari 13 kg menghasilkan tegangan 7 volt atau lebih, dari 12 volt tegangan keluaran maksimum dinamo sepeda. Semakin banyak piston yang digunakan maka akan semakin banyak pula tekanan yang dihasilkan tiap beban yang melintasi sistem. Kelebihan dari pembangkit ini adalah tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak dipengaruhi oleh kelangkaan bahan bakar minyak. Adapun kelemahan dari sistem ini adalah membutuhkan cukup banyak beban yang melintasi sistem untuk mendapatkan energi yang memadai untuk memutar generator.

English Abstract

A research about way to obtain alternative of electric energy fron mechanical energy of car crossed the system had been done. This system called Engkol Pewer Plant. This instrument was designed using two pistons and bicycle dynamo as electrical generator. Four pressures were produced from those pistons, to rotate the electrical generator when load crossed the system. Load with mass greater than 10 kg produced voltage 7 V from the 12 V maximum output voltage of bicycle’s dynamo. More pistons were used, more pressures will be produced from load crossed the system. The benefit of this instrument is not used the oil fuel so not affected by the extinction of oil fuel. But, the are an obstruction, it is needed more load crossed the system to gain an adequate energy to rotate the generator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2007/341/050801387
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2008 10:58
Last Modified: 09 Mar 2022 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151739
[thumbnail of 050801387.pdf]
Preview
Text
050801387.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item