Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu (Yoghurt) Dengan Metode Kano (Studi Kasus Pada Kud Mitra Bhakti Makmur Batu)

Siswanto, Punjul (2017) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu (Yoghurt) Dengan Metode Kano (Studi Kasus Pada Kud Mitra Bhakti Makmur Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin banyak usaha serupa yang bermunculan, maka konsumen juga semakin selektif dalam memilih produk yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhannya yang akan dikonsumsi. Setiap konsumen memiliki penilaian yang berbeda mengenai karakteristik suatu produk yang sesuai dengan preferensi mereka. Variasi produk dari KUD Mitra Bhakti Makmur Batu antara lain yogurtdan keju. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenai tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk olahan susu (yoghurt) berdasarkan preferensi konsumen dan untuk mengetahui atribut olahan susu (yoghurt) yang harus diperbaiki dan dipertahankan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kano. Metode kano adalah metode yang bertujuan untuk mengkategorikan atribut-atribut dari produk maupun jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan pelanggan.Jumlah reponden yang digunakan adalah 109 responden. Dari hasi penelitian didapatkan bawah tingkat kepuasan konsumen dari 12 atribut untuk nilai IBT dari atribut rasa 0, kepraktisan 0, manfaat produk 0, variasi jenis susu 0, informasi kehalalan produk 0, 12, desain kemasan untuk variasi ukuran 0, hygienitas proses & produk 0,06, tingkat keawatan susu 0, bertangung jawab atas kualitas yang dipersepsikan 0,01, pencantuman informasi nilai kandungan gizi 0. Untuk nilai kepuasan tertinggi adalah atribut informasi kehalalan produk yang memiliki nilai IBT sebesar 0,12. Atribut produk yang dipertahankan adalah atribut infomasi kehalalan produk yang memiliki nilai IBT tertinngi 0,12. Atribut yang diperbarui mencakup semua atribut karena semua atribut belum mencapai nilai lebih dari 0,5 untuk nilai IBT dan -0,5 untuk nilai IWT.

English Abstract

The more efforts arouse customers more selective in choosing qualified product to fulfill their need for consumption. Every customer has different appraisal on the characteristics of product, which suitable with their preference. Product variances from KUDMitra Bhakti Makmur batu are yoghurt and cheese. Purpose off this study are to know level of customers’ satisfaction toward product attributesof processed milk (yoghurt) based on customers preference and to know the product attributes of processed milk (yoghurt) that have to be improved and maintained. Method used in this study was kano method. It is method by purpose to categorize the attributes from the product of service based on how good is the product or service able to satisfy the customers need. The number of respondents was 109 respondents. From the result of the study, it is obtained that the level of customers’ satisfactory from 12 attributes for IBT value from taste attribute 0, practice 0, product benefit 0, milk variance 0, hygiene process & product 0,06, milk preservation level 0, the written customer service number 0, uniform size 0, responsibility on perceived quality 0,01, written information on nutrition content 0, the highest satisfaction value is the attribute of halal information of the product by IBT value 0,12, the product that has IBT value 0,12. Renewed attribute because all of it has not reached the value of more than 0,5 of IBT value and - 0,5 of IWT value.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/25/051701602
Uncontrolled Keywords: Kano, preferensi konsumen, yoghurt
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Feb 2017 14:35
Last Modified: 18 Nov 2021 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151469
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
7._BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
8._KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
10_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._PERSETUJUAN,_PENGESAHAN,_DRH,_LP,_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2._PERSETUJUAN,_PENGESAHAN,_DRH,_LP,_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._KATA_PENGANTAR_DAN_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
3._KATA_PENGANTAR_DAN_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5._BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan_PDF.PDF]
Preview
Other
Lembar_Pengesahan_PDF.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
4._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Persetujuan.PDF]
Preview
Other
Persetujuan.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_III_METODOLOGI.pdf]
Preview
Text
6._BAB_III_METODOLOGI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Punjul_Siwanto_0911033038.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Punjul_Siwanto_0911033038.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item