Strategi Perbaikan Kualitas Proses Produksi Cuka Apel dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada CV. Herbal Nusantara Di Kota Batu).

Apriadistia, PradistitaParas (2017) Strategi Perbaikan Kualitas Proses Produksi Cuka Apel dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada CV. Herbal Nusantara Di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri merupakan salah satu subsektor industri yang berkembang dengan pesat, ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan UKM khususnya di Kota Batu. pesatnya perkembangan UKM di kota Batu ditunjukkan dengan pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tidak kurang sebanyak 300 setiap tahunnya. Seiring dengan berkembangnya sektor tersebut, produk yang dihasilkan pun juga semakin bervariasi. Salah satu hasil industri yang paling banyak dimanfaatkan atau diolah adalah buah Apel. Buah apel dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan, salah satunya adalah cuka apel. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang memproduksi cuka apel adalah CV. Herbal Nusantara yang berada di Kecamatan Bumiaji. UKM CV. Herbal Nusantara masih memiliki kendala dalam stadarisasi produknya. Standarisasi pada produk merupakan hal yang penting dalam menjaga hubungan dengan konsumen terhadap produk tersebut. Kendala ini dikarenakan formula dari cuka apel yang belum sesuai dengan standar yang ada, sehingga terjadi inkonsistensi mutu cuka apel, sehingga perlu dilakukan perbaikan kualitas proses produksi cuka apel agar cuka apel yang diproduksi sesuai dengan standar yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan formula terbaik cuka apel dengan menganalisis penerimaan konsumen terhadap kualitas cuka apel melalui uji kesukaan dengan skala hedonik. Metode untuk menentukan strategi perbaikan kualitas proses produksi dapat dilakukan dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Responden pakar yang digunakan dalam penelitian ini antara lain 1 orang dari Diskoperindag, 1 orang akademisi, dan 2 praktisi dari UKM CV. Herbal Nusantara, sedangkan untuk penerimaan konsumen dilakukan dengan uji kesukaan dengan skala hedonik dan uji laboratorium. Hasil dari penentuan strategi perbaikan kualitas proses produksi cuka apel didapatkan strategi menjalin kemitraan, penerapan SOP, dan pelatihan tenaga kerja. Strategi menjalin kemitraan mendapatkan peringkat pertama dengan bobot 0.536, pelatihan tenaga kerja menempati peringkat kedua dengan bobot 0.277 dan penerapan SOP menempati peringkat ketiga dengan bobot 0.188. Hasil penerimaan konsumen dengan uji kesukaan didapatkan nilai terbaik pada hari ke-16 dan hasil laboratorium terbaik juga didapatkan pada hari ke-16.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/14/051700560
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Feb 2017 14:08
Last Modified: 22 Oct 2021 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151367
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_PENENTUAN_STRATEGI_DENGAN_AHP.pdf]
Preview
Text
JURNAL_PENENTUAN_STRATEGI_DENGAN_AHP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item