Fauziah, Putri Arofatul (2016) Efektivitas Promosi Terpadu Iklan Tv Dengan Website Menggunakan Metode Epic (Studi Kasus Susu Frisian Flag. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas promosi terpadu iklan TV Kompetisi Cerita Momen Wow Si Kecil dengan website Ibu dan Balita untuk promosi susu Frisian Flag Jelajah dan Karya mengingat besarnya biaya yang telah dikeluarkan dan ketatnya persaingan. Penelitian ini menggunakan kuesioner model EPIC lima skala likert. Responden sebanyak 100 orang ibu-ibu anggota PKK dari lima Kecamatan di Kota Malang yang memiliki anak usia 1-6 tahun. EPIC Model digunakan untuk mengukur efektivitas promosi berdasarkan kriteria pengingatan dan persuasif. Data dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan tabulasi sederhana dan rata-rata terbobot. Efektifitas iklan TV dan Website dapat dilihat dari nilai EPIC rate. Efektivitas promosi terpadu (integrasi dan komunikasi interaktif) dapat dilihat dari skor dimensi dampak. Hasil penelitian menunjukkan Iklan TV Kompetisi Cerita Momen Wow Si Kecil efektif untuk mempromosikan susu Frisian Flag Jelajah/Karya ditandai oleh EPIC rate 3,52 namun, kurang efektif untuk mengajak target pasar mengakses web yang ditandai skor dimensi dampak 3,09. Website Ibu dan Balita efektif untuk mempromosikas susu Frisian Flag Jelajah/Karya dan membangun komunikasi interaktif berkelanjutan dengan target pasar yang ditandai EPIC rate 3,90 dan skor dimensi dampak 3,67. Perusahaan disarankan memperbaiki pesan iklan Kompetisi Cerita Momen Wow Si Kecil atau menggunakan iklan TV tema lain untuk mengajak orang menjadi anggota komunitas Ibu dan Balita, menambah menu pada web yang khusus mengulas produk-produk susu pertumbuhan Frisian Flag.
English Abstract
The purpose of this research is to measure effectiveness of integrated marketing communication between TV advertisement “Kompetisi Cerita Momen Wow Si Kecil” with “Ibu dan Balita” website to promoted “Frisian Flag Jelajah and Karya” milk used EPIC model questionnaire five likert scale. Respondents 100 PKK members from five district in Malang who have children aged 1-6 years. EPIC model measure the effectiveness of promotion based on recall and persuasive criteria (empathy, persuation, impact, and communication). Data were analyzed using descriptive statistics and a simple tabulation of weighted average. The effectiveness of TV advertisement and a website can be seen from the EPIC rate. The effectiveness of the integration can be seen from the scores dimensions of impact. The result show that TV advertisement “Kompetisi Cerita Momen Wow Si Kecil” effective to promote Frisian Flag Jelajah and Karya with EPIC rate 3.52 but, integration between TV ads and website above effective category with impact dimention score 3.09. “Ibu dan Balita” website effective to promote Frisian Flag Jelajah and Karya and building interactive communication between consumer and companies with impact dimention score 3.67. Adjust for companies to fix the TV ads messages or use another theme TV ads to invite the target market be “Ibu dan Balita” community members. Website Ibu dan Balita need aded a special menu to review products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/76/051602957 |
Uncontrolled Keywords: | EPIC Model, Promosi Terpadu, Susu.-EPIC model, Integrated marketing communication, Milk |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 09:14 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 06:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151295 |
Preview |
Text
Pengesahan_A4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Pengesahan_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1_Cover_&_Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3_BAB_I-V_(BOLAK-BALIK).pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2_Riwayat_Hidup,_ringkasan_dll.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |