Analisis Perbaikan Kualitas Produk Keju Mozzarella Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus UKM Rumah Yoghurt, Batu, Jawa Timur)

Andriyanto (2016) Analisis Perbaikan Kualitas Produk Keju Mozzarella Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus UKM Rumah Yoghurt, Batu, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pengembangan UKM, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mempertahankan posisi UKM tersebut di persaingan industri saat ini. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mempertahankan kualitas produk di UKM tersebut. Rumah Yoghurt adalah salah satu UKM yang sedang berkembang di Batu dan telah mempertahankan kualitas produk keju mozzarella dengan baik. Pada saat ini Rumah Yoghurt mempunyai beberapa pesaing. Tujuan penelitian ini adalah menentukan atribut yang paling berpengaruh pada kualitas produk pada Rumah Yoghurt di Batu, serta menentukan atribut yang kualitas produk dan perbaikan yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas produk pada Rumah Yoghurt di Batu. Atribut kualitas dalam penelitian ini adalah Performance dengan indikator rasa, terkstur, harga, dan ukuran, Aesthetics dengan indikator desain kemasan dan keseragaman ukuran, Special features dengan indikator warna, Conformance dengan indikator berat dan bentuk, Reliability dengan indikator kondisi kemasan dan aroma, Durability dengan indikator tenggang waktu kadaluarsa, tidak mudah rusak dan keawetan produk, Perceived Quality dengan indikator ketenaran produk dan informasi produk, dan Service ability dengan indikator kemudahan produk ditangani, kemudahan produk disimpan, dan kemudahan produk diperbaiki. Perbaikan kualitas produk keju mozzarella berdasarkan pendapat konsumen. Responden dalam penelitian ini adalah 30 konsumen untuk menentukan tingkat kepentingan atribut dan kepuasan terhadap atribut tersebut, Responden untuk menentukan respon teknis adalah kepala bagian produksi Rumah Yoghurt. Metode QFD vi digunakan dalam penelitian ini digunakan untuk mendifinisikan apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan, keinginan, ekspetasi konsumen dan menerjemahkannya ke dalam perencanaan yang spesifik. Dalam metode QFD, terdapat matriks yang disebut dengan House of Quality (HoQ) yang dibuat berdasarkan kriteria dari pelanggan dan pihak Rumah Yoghurt. Hasil penelitian menunjukkan nilai Important to Consumers tertinggi dengan nilai 4,13 adalah yang paling dipentingkan konsumen yaitu atribut warna. Atribut yang perlu dilakukan perbaikan yang memiliki nilai kurang dari rata-rata pada nilai Importance to Consumers, Consumer Stisfaction Performance, dan Goal adalah atribut harga, tekstur, ukuran, aroma, tenggang waktu kadaluarsa keju mozzarella, tidak mudah rusak, berat, bentuk, kondisi kemasan, keseragaman ukuran, informasi produk, kemudahan produk ditangani, dan kemudahan produk disimpan. Perbaikan yang menjadi prioritas utama adalah pemilihan bahan baku keju mozzarella yang berkualitas, pengolahan keju mozzarella yang efisien, dan pemilihan kemasan keju mozzarella dilakukan untuk memperbaiki atribut kualitas produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/489/051610096
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2016 09:52
Last Modified: 24 Oct 2021 22:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151059
[thumbnail of 9._BAB_I.pdf] Text
9._BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 10._BAB_II.pdf] Text
10._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 12._BAB_IV.pdf] Text
12._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 11._BAB_III.pdf] Text
11._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 14.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
14.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 13._BAB_V.pdf] Text
13._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 1._cover.pdf] Text
1._cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 2._Lembar_Persetujuan.pdf] Text
2._Lembar_Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 3_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3_Lembar_Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 5_Pernyataan_Keaslian.pdf] Text
5_Pernyataan_Keaslian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6._RINGKASAN.pdf] Text
6._RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 7_Kata_Pengantar.pdf] Text
7_Kata_Pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8_Daftar_Isi.pdf] Text
8_Daftar_Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item