Badrawati, Rofida Leo (2016) Perencanaan Strategi Pemasaran Pellet Biomass Dengan Metode Strenght, Weakness, Opportunity And Threat (Swot) Dan Analitycal Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus Di Cv. Agro Jawa Dwipa Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kebutuhan masyarakat akan bahan bakar minyak bumi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan, maka cadangan minyak bumi pada saat ini tentu akan semakin berkurang. Bersarakan realita tersebut, pengembangan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui dan upaya penghematan bahan bakar juga terus dilakukan, salah satunya adalah mengelola limbah biomass menjadi pellet biomass. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan pellet biomass adalah CV. Agro Jawa Dwipa Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan alternatif perencanaan strategi pemasaran yang tepat dalam pengembangan usaha dengan metode SWOT dan menentukan urutan prioritas strategi pemasaran yang dapat diterapkan di CV. Agro Jawa Dwipa dengan menggunakan metode AHP. Penelitian ini menggunakan metode analisis Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan alternatif strategi pemasaran meliputi faktor internal perusahaan serta faktor ekternal (menggunakan matriks IFE dan EFE). Selanjutnya alternatif-alternatif strategi pemasaran diurutkan berdasarkan prioritasnya menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Penggunaan metode gabungan SWOT dan AHP masalah yang kompleks dapat dengan mudah disederhanakan sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan dengan cara penyusunan hirarki, memberikan nilai perbandingan setiap kriteria dan mendapatkan alternatif strategi pemasaran terbaik dalam pengembangan usaha. Terdapat 10 alternatif strategi pemasaran berdasarkan matriks SWOT yaitu sosialisasi dan penyuluhan pellet biomass pada masyarakat, memberikan potongan harga, menerapkan viii sistem pembayaran secara tunai dan kredit, memperluas jaringan agen dan distributor, membentuk unit/departemen manajemen pemasaran, perbaikan kemasan dan penambahan label, pengembangan produk dan variasi bahan baku pellet biomass, perbaikan kualitas kerapatan dan keseragaman produk, pelayanan baik terhadap konsumen, promosi melalui website, media sosial dan spanduk. 3 prioritas strategi pemasaran terbaik berdasarkan metode AHP secara berurutan yaitu memberikan potongan harga, perbaikan kualitas tingkat kerapatan tepat dan keseragaman bentuk serta pengembangan produk dan variasi bahan baku pellet biomassa.
English Abstract
Community needs to petroleum fuel increasing from year to year. Along with the increased demand, the oil reserves at this time would be on the wane. So the development of alternative energy sources that can be renewed and fuel saving efforts also continue to be made, one of which is to manage waste biomass into biomass pellets. One of the companies that utilize biomass pellet is CV. Agro Java Dwipa Yogyakarta. The purpose of this study is to determine the alternative planning appropriate marketing strategies in business development with SWOT method and determine the priority order marketing strategies that can be applied to CV. Agro Java Dwipa by using AHP. This study uses analysis Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) to identify factors that affect the determination of alternative marketing strategies include internal factors and external factors (using the IFE and EFE matrix). Further alternatives marketing strategy sorted by priority using Hierarcy Analytical Process (AHP). The use of the combined method of SWOT and AHP complex problems can easily be simplified so as to accelerate the decision making process by way of preparation of hierarchy, provides comparative value of each criterion and get the best alternative marketing strategies in business development. There are 10 alternative marketing strategy based on the SWOT matrix that socialization and counseling pellet biomass in the community, providing a rebate, introduced a system of payment in cash and credit, expanding network of agents and distributors, forming unit / department marketing management, improved packaging and additional labels, product development and variations in biomass pellet raw material, improving the quality of density and uniformity of the product, good service to consumers, promotion through websites, social media and x banners. 3 priority of the best marketing strategies based AHP sequentially which provides discounts, improved quality of appropriate density and homogeneity, as well as product development and variation of pellet biomass feedstock.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/311/ 051606752 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 15:19 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 04:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150864 |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |