Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha (Studi Kasus Di Umkm Agroindustri Kota Malang)

Ardianti, Friska Lutfiana (2016) Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha (Studi Kasus Di Umkm Agroindustri Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam menopang perekonomian negara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2014 terdapat 55,2 juta usaha kecil menengah. Seluruh usaha tersebut memberikan kontribusi dalam PDB sebesar 57,9% dan kontribusi penyerapan tenaga kerja 97,2%. Sedangkan agroindustri memiliki sejumlah keunggulan, antara lain: merupakan penyerap tenaga kerja terbesar, penghasil makanan pokok penduduk, dan komoditas pertanian merupakan komoditas penentu stabilitas harga, yang menjadi indikator kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa peranan sektor agroindustri sangatlah penting. Sehingga dengan meningkatkan kinerja UMKM agroindustri akan meningkatkan perekonomian nasional. Namun, di Kota Malang pada tahun 2014 jumlah UKM mengalami penurunan sebesar 50% dibandingkan tahun 2013 yaitu dari 500 UKM menjadi hanya 249 UKM. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja usaha UMKM agroindustri yang ada di Kota Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kapabilitas teknologi (X1), inovasi produk (X2), dan customer value (Y1). Kapabilitas teknologi adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi yang ditandai dengan kemampuan mengadaptasi, memahami, dan memperbaiki teknologi. Inovasi produk adalah produk dengan ide yang baru. Sedangkan customer value adalah nilai-nilai yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Metode penelitian yang digunakan adalah permodelan struktural SEM berbasis varian dengan Generalized Structured Component Analysis (GSCA) sebagai perangkat analisis data. viii Hasil penelitian menunjukan bahwa kapabilitas teknologi yang diukur dengan Technology Acquiring Capability (TAC), Technology Operating Capability (TOC), dan Technology Shifting Capability (TSC) berpengaruh secara signifikan positif terhadap inovasi produk, customer value, dan kinerja usaha UMKM Agroindustri Kota Malang. Inovasi produk juga berpengaruh signifikan positif terhadap customer value dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha. Begitu pula dengan customer value juga berpengaruh secara signifikan positif terhadap kinerja usaha. Customer value juga menjadi variabel mediasi secara parsial (partly mediation) terhadap hubungan antara kapabilitas teknologi dan kinerja usaha. Customer value juga memediasi secara penuh (complete mediation) terhadap hubungan inovasi produk dengan kinerja usaha. Inovasi produk merupakan variabel mediasi yang memediasi secara bagian (partly mediation) terhadap hubungan antara kapabilitas teknologi dengan customer value, namun inovasi produk tidak memediasi hubungan antara kapabilitas teknologi dengan kinerja usaha

English Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) would have a very important role in bearing the economy. Based on data from Badan Pusat Statistik (BPS), in 2014 there are 55.2 million SMEs. They contributed to GDP (Gross Domestic Product) 57.9% and to employment 97.2%. Agroindustry has a lot advantages: the largest employer, producing staple food, and agricultural commodities are mostly determinant of price stability, which is an indicator of public welfare. Based on the statement is known that the role of agroindustry is very important. So that improving the performance of the agroindustry SMEs would increase the national economy. However, in Malang in 2014 the number of SMEs has decreased by 50% compared to 2013 from 500 SMEs to only 249 SMEs. Thus, it is necessary to do research that aims to evaluate the performance of SMEs agroindustry in Malang. Variables that used in this research are the technological capabilities (X1), product innovation (X2), and customer value (Y1). Technological capabilities are the ability to use, adapt, and improve technology. Product innovation is a product with a new idea. Customer values are the values that influence consumers to buy a product. The method used is SEM-based modeling structural variants with Generalized Structured Component Analysis (GSCA) as the data analysis. The results of the study showed that the technological capabilities, as measured by Acquiring Technology Capability (TAC), Technology Operating Capability (TOC), and Technology Shifting Capability (TSC) significantly positively towards product innovation, customer value and business performance of SMEs Agroindustry Malang. Product innovation is also a significant positive on customer value and does not significantly affect of x the performance business. Customer value is also significantly positive impact on business performance. Customer value is partly mediation on the relationship between technological capabilities and business performance. Customer value also complete mediation variable of product innovation relationship with business performance. Product innovation is mediating variables that mediate section (partly mediation) on the relationship between technological capabilities with customer value, but not a mediation variable on the relationship between technological capabilities with business performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/262/ 051605866
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Sep 2016 15:01
Last Modified: 10 Jun 2022 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150807
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item