Pengaruh Konsentrasi NaOH dan Waktu Pretreatment Microwave Terhadap Kandungan Selulosa, Hemisesulosa, dan Lignin Tongkol Jagung

Arumfitani, Jean Retno (2015) Pengaruh Konsentrasi NaOH dan Waktu Pretreatment Microwave Terhadap Kandungan Selulosa, Hemisesulosa, dan Lignin Tongkol Jagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurunnya ketersediaan sumber energi fosil menimbulkan adanya usaha untuk mengembangkan energi alternatif baru seperti bioetanol. Tongkol jagung merupakan salah satu biomassa yang mengandung lignoseslulosa sehingga dimungkinkan untuk dimanfaatkan menjadi bioetanol. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh konsentrasi NaOH dan waktu microwave terhadap kandungan selulosa, hemiselulosa, dan lignin tongkol jagung pada proses pretreatment. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, dan Laboratorium Biokimia. Metode analisa data yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial. Data yang diambil dilakukan sebanyak 3 kali pengulangan dengan dua faktor yaitu konsentrasi NaOH (0,5 M dan 1 M) dan waktu pretreatment (5, 10, dan 15 menit). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis ragam ANOVA. Peralatan yang digunakan adalah microwave PANASONIC NN-GD371M, frekuensi 2450 MHz dan daya 950 watt dengan setting suhu low temperature. Parameter yang diamati adalah suhu, pH, rendemen, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik terdapat pada konsentrasi 0,5 M dan waktu pretreatment 5 menit. Terjadi peningkatan dan penurunan pada kandungan selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Selulosa meningkat dari 16,49% menjadi 41,58%, hemiselulosa mengalami penurunan dari 22,68% menjadi 18,36% dan lignin mengalami peningkatan dari 24,52% menjadi 35,58%. Dibutuhkan waktu yang singkat dan viii konsentrasi NaOH yang rendah untuk menghasilkan kenaikan selulosa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/433/051508722
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 21 Dec 2015 15:20
Last Modified: 13 Mar 2022 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150350
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_BARU.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_BARU.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of III_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of V_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
V_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item