Analisis Model Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Sweet Bun (Studi Kasus di Toko Roti Cantique Bakery and Pastry,Malang

Pratiwi, Widi Ayu Sigma (2015) Analisis Model Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Sweet Bun (Studi Kasus di Toko Roti Cantique Bakery and Pastry,Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laju pertumbuhan bakery pada tahun 2013 mencapai 6,47% Hal ini menunjukan bahwa bisnis dalam bidang bakery di Indonesia cukup menjanjikan. Cantique Bakery and Pastry merupakan toko roti yang memiliki banyak varian produk, salah satu produk unggulannya adalah sweet bun. Banyaknya pesaing membuat toko roti Cantique Bakery and Pastry selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antar antar variabel laten kualitas layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Generalized Structured Component Analysis (GSCA). GSCA merupakan metode analisis yang luwes karena tidak didasarkan oleh banyak asumsi berditribusi normal, jumlah data tidak harus besar. Selain itu, dapat menganalisis secara bersamaan indikator dengan bentuk reflektif dan formatif (Ghozali, 2008). Output yang dihasilkan oleh GSCA merupakan ukuran overall model fit atau biasanya disebut dengan FIT dan memiliki nilai berkisar antar 0 sampai 1 (Ghozali, 2008). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif antara kualitas layanan dengan kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Dilihat dari CR kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen yaitu 9,72 signifikan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen yaitu 3,63 signifikan. Berdasarkan nilai FIT dan AFIT, total variasi semua variabel yang dapat dijelaskan oleh model adalah 55,3 % dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain seperti harga, fasilitas, dan kualitas produk. Sehingga tidak hanya kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan loyalitas

English Abstract

The growth rate of bakery business in 2013 reached 6.47%. This shows that the bakery business in Indonesia is promising. Cantique Bakery and Pastry is a bakery that has many product variants, which one of their products is a sweet bun. The number of competitors makes Cantique Bakery and Pastry always strives to provide the best service to consumers. The purpose of this study is to determine the connection between latent variables that influence service quality on consumers satisfaction that affect customer loyalty. The method used in this research is the method of Generalized Structured Component Analysis (GSCA). GSCA is a method with flexible analysis because it is not grounded by normal distribution of many assumptions, so that the amount of data should not be large. In addition, the indicators can be analyzed simultaneously with a form of reflective and formative (Ghozali, 2008). The output generated by GSCA is a measure of overall model fit or commonly called as FIT and has a value ranging between 0 to 1 (Ghozali, 2008). The results of this research shows that there is a positive effect between service quality with consumers satisfaction and consumers satisfaction towards consumers loyalty. Based on the CR, service quality towards consumers satisfaction significantly is 9,72 and consumers satisfaction towards consumers loyalty significantly is 3,63. Based on the value of FIT and AFIT. The total variants of variable that could be explained by the model is 55,3 % and the balance is explained by the other variables such as price, facility, and product quality which also influence the consumers satisfaction and loyalty

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/425/051508714
Uncontrolled Keywords: GSCA, Kepuasan Konsumen, Kualitas layanan, Loyalitas, Sweet bun,-GSCA, Customer Satisfaction, Quality of Service, Loyalty, Sweet bun
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:23
Last Modified: 26 Nov 2021 07:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150341
[thumbnail of 3._bab_123.pdf]
Preview
Text
3._bab_123.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._bab45.pdf]
Preview
Text
4._bab45.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_COVER_DKK.pdf]
Preview
Text
2_COVER_DKK.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item