Analisis Kualitas untuk Memenuhi Kepuasan Konsumen Produk Keripik Nangka dengan Metode QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus di UD Sabar Jaya Kab. Malang)

Rusmiani, Lila Ana (2015) Analisis Kualitas untuk Memenuhi Kepuasan Konsumen Produk Keripik Nangka dengan Metode QFD (Quality Function Deployment) (Studi Kasus di UD Sabar Jaya Kab. Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buah-buahan merupakan komoditas komersial yang sangat strategis untuk dikembangkan dan diperdagangkan. Pada tahun 2013, produksi buah-buahan di Jawa Timur sebesar 4.043.285 ton. UD Sabar Jaya merupakan UKM yang memproduksi keripik buah, salah satunya adalah keripik nangka dengan merek Levina. Semakin banyak usaha pengolahan keripik nangka menyebabkan persaingan yang semakin ketat, maka UD Sabar Jaya perlu melakukan usaha untuk mempertahankan pangsa pasar dengan cara menjaga kualitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan perbaikan yang harus dilakukan oleh UD Sabar Jaya dalam memenuhi kebutuhan konsumen produk keripik buah nangka. QFD (Quality Function Deployment) digunakan untuk menjelaskan apa yang dibutuhkan oleh konsumen terhadap produk yang dihasilkan UD Sabar Jaya. QFD digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan suara konsumen atau VOC (Voice of Customer) kemudian digunakan pada matriks kebutuhan konsumen pada HOQ (House of Quality). HOQ merupakan bagian-bagian dari proses QFD yang menggunakan sebuah matrik perencanaan untuk menghubungkan kebutuhan konsumen dan bagaimana perusahaan melakukan perbaikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Responden pada penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi keripik buah nangka sebanyak 61 orang dan responden ahli (pemilik UD Sabar Jaya) sebanyak 1 orang. VOC untuk keripik nangka adalah tekstur keripik nangka, aroma keripik nangka, desain kemasan, kelengkapan informasi pada kemasan, masa kadaluarsa sesuai dengan yang tertera pada kemasan, kestabilan volume tiap kemasan, mencantumkan tanggal kadaluarsa, kebersihan outlet, kemudahan konsumen dalam menjangkau outlet, ketanggapan terhadap permintaan konsumen, rasa keripik nangka, warna keripik nangka, desain printing stiker pada kemasan dan kepopuleran merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga prioritas utama konsumen terhadap produk keripik nangka Levina adalah rasa keripik nangka, kerenyahan keripik nangka, dan mencantumkan tanggal kadaluarsa produk. Atribut yang perlu diperbaiki adalah atribut desain kemasan keripik nangka, kelengkapan informasi pada kemasan keripik nangka, kemudahan dalam menjangkau outlet, ketanggapan dalam permintaan konsumen, desain printing stiker pada kemasan, dan kepopuleran merek keripik nangka.

English Abstract

Fruits are commercial and potential commodity to be developed and marketed. In 2013, East Java produced 4.043.285 tons of fruit. UD Sabar Jaya is one of SMEs which produces fruit chips, including jackfruit chips with Levina brand. The raising number of competitors which produces the same producs makes the competition getting tighter. In order, to keep the market position, US Sabar Jaya should keep the high quality standard of production. The main purpose of this research is to suggest UD Sabar Jaya fixing and improving to ixulfil their customer’s need. QFD (Quality Function Deployment) was used to explain the needs of customers to the product of UD Sabar Jaya. In this research, QFD was used to explain the VOC (Voice of Customer), then will be used on customer need matrix in HOQ (House of Quality). HOQ is the part of QFD process which uses a planning matrix to link customers need and how the company does improvement to fulfil the customers need. The respondents in this research were 61 customers who consume jackfruit chip and 1 respondent expert (the owner of UD Sabar Jaya). VOC of the jackfruit is the texture and aroma of jackfruit chips, package design, information completeness on the package, expired date on the package, volume stability of each package, expired date print on the package, outlet hygiene level, the ease to access outlet, the response to customers request, the taste and color of the jackfruit chip, sticker printing design on the package and the brand popularity The result of this research showed that the three priority of concerns customer’s to the Levina jackfruit chip were the x taste, the crispness, and the expired date shown in the package. The package design, information completeness on the package, ease of access to the outlet, response to the customers need, printing design sticker on the package, and brand popularity were attributes which should be fixed and improved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/412/051508701
Uncontrolled Keywords: HOQ (House of Quality), Kualitas, QFD (Quality Function Deployment) ,-HOQ (House of Quality), Quality, QFD (Quality Function Deployment)
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jan 2016 14:29
Last Modified: 26 Nov 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150327
[thumbnail of 4._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
3._LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._SKRIPSI_A5.pdf]
Preview
Text
5._SKRIPSI_A5.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2._RINGKASAN_-_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
2._RINGKASAN_-_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item