Pengaruh Kredit dan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja UMKM dengan Pemasaran sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: UMKM Agroindustri di Kabupaten Mojokerto

Yuwandini, Desty (2015) Pengaruh Kredit dan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja UMKM dengan Pemasaran sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: UMKM Agroindustri di Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan UMKM di Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mendukung pertahanan ekonomi. Permasalahan yang dihadapi UMKM di Kabupaten Mojokerto saat ini adalah aspek modal, sumber daya manusia (SDM) dan pemasaran. Keterampilan SDM dalam mengelola UMKM menyebabkan keterbatasan penggunaan teknologi, inovasi produk, serta manajemen usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan (pengaruh dan hubungan) kredit, sumber daya manusia (SDM) dan pemasaran terhadap kinerja UMKM Agroindustri di Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Structured Component Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kredit dan SDM berpengaruh positif terhadap Pemasaran, sedangkan Pemasaran berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM. Variabel Kredit dan SDM sangat berperan dalam kelancaran Pemasaran untuk memperluas pasar. UMKM harus dapat mengoptimalkan bantuan kredit dan memberikan pelatihan secara berkelanjutan kepada SDM agar dapat meningkatkan kinerja. Model matematis yang diperoleh dari metode GSCA adalah Y1=0.630X1+0.360X2 dan Y2=0.214X1+0.117X2+0.565Y1. Nilai FIT dan AFIT sebesar 52.3% dan 49.5% yang menunjukkan bahwa total varians semua variabel yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 52.3%, sedangkan sisanya 47.7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini dan model dapat dikatakan baik

English Abstract

Development of SMEs in Mojokerto regency was one of the government's efforts to support economic defense. The problem faced by SMEs in Mojokerto today was the aspect of fund, human resources (HR) and marketing. Human resources skills in managed SMEs also lead to limittations of using technology, product innovation, and business management. This study aimed to analyze the relation (influence and relationships) credit, human resources (HR) and marketing on the performance of Agro-industry SMEs in Mojokerto. The method used in this study is the Generalized Structured Component Analysis. The results showed that the variables of Credit and Human Resources have made positive effect on Marketing, and marketing have positive effect on SME performance. The credit and Human Resources variables was very instrumental to develop marketing tools in order to expand the market. The succeed SME in market competition will affect the performance of SMEs, for the SMEs must be able to optimize the credit assistance and training to human resources in a sustainable manner in order to improve performance. Mathematical model derived from GSCA method is Y1=0.630X1+0.360X2 and Y2=0.214X1+0.117X2+0.565Y1. The value of FIT and AFIT amounted to 52.3% and 49.5%, which indicates that the total variance of all the variables that can be explained by the model amounted to 52.3%, while the remaining 47.7% is explained by other variables that were not used in this study and the model can be said to be good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/388/051508677
Uncontrolled Keywords: Agroindustri, GSCA, Kinerja, UMKM,-Agroindustry, GSCA, Performance, SMEs
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jan 2016 15:29
Last Modified: 25 Nov 2021 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150299
[thumbnail of SKRIPSI-DESTY_YUWANDINI-115100701111022.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-DESTY_YUWANDINI-115100701111022.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item