Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC). (Studi Kasus Pada PT Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan).

Gunawan, Sanditya (2015) Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC). (Studi Kasus Pada PT Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT ILUFA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil perikanan dengan produk utamanya berupa fillet ikan kakap merah, kerapu dan anggoli. Analisis pengukuran kinerja digunakan untuk mengetahui kinerja perusahaan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Salah satu misi PT ILUFA adalah menghasilkan produk yang berkualitas baik untuk menjaga kepuasan pelanggan yang merupakan prioritas utama perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengukur pencapaian kinerja berdasarkan target perusahaan. Metode Balanced Scorecard (BSC) dalam penelitianini digunakan untuk mengetahui tingkat kinerja PT ILUFA. Analytical Hierarki Proces (AHP) kemudiandigunakansebagaimetode untuk menentukan bobot kepentingan antar perspektif dan antar Key Performance Indicator (KPI) dalam perspektif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, kuesioner dan pengamatan secara langsung di lapangan. Responden dalam penelitian ini adalah Plant Manager, Accounting Manager dan Logistic Manager PT ILUFA. Hasil penelitian menunjukkan kinerja PT ILUFA pada periode 2012 dan 2013 berada pada posisi baik. Hal ini dibuktikan dengan skor kinerja yang berhasil diraih pada tahun 2012 sebesar 89,3% dan 2013 sebesar 87,15%. Skor kinerja tersebut dihasilkan dari perspektif keuangan dan pelanggan yang hasilnya cukup tinggi. KPI yang mampu mencapai target dan melebihi target adalah growth sales rate, customer acquisition, dan tingkat keselamatan kerja. PT ILUFA diharapkan melakukan perbaikan di beberapa KPI untuk dapat bersaing di masa mendatang secara berkala dan konsisten. Hal ini dapat diawali dengan memperbaiki sistem pelaksanaan aspek finansial dan non-finansial. Perbaikan dalam upaya meningkatkan kinerja PT ILUFA dilakukandenganmengatur persediaan bahan baku, meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi, meningkatkan jumlah inovasi produk, meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan dan memperbaiki pola perekrutan karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/35/051501872
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2015 08:07
Last Modified: 22 Oct 2021 16:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150257
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item