Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di Restoran Waroeng Steak and Shake Cabang Soekarno Hatta Malang)

Setyorini, Hany (2015) Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di Restoran Waroeng Steak and Shake Cabang Soekarno Hatta Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Waroeng Steak & Shake merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang kuliner yang menyedikan menu utama berupa steak. Restoran ini dihadapkan pada masalah persaingan bisnis yang semakin meningkat terutama disepanjang jalan Soekarno Hatta. Hal ini berdampak pada penurunan pendapatan, sehingga perusahaan perlu merumuskan strategi pemasaran untuk menstabilkan pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif strategi yang dirumuskan dari faktor-faktor yang menentukan dalam memasarkan produknya serta mendapatkan alternatif rumusan strategi pemasaran produk yang tepat dan dapat diterapkan untuk Waroeng Steak & Shake Cabang Soekarno Hatta Malang. Pada penelitian ini, metode QSPM digunakan untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas untuk dijalankan perusahaan, sehingga metode ini dapat diaplikasikan pada Waroeng Steak & Shake (WS) untuk merencanakan strategi pemasaran dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan kemudian dianalisa dengan merumuskan beberapa strategi alternatif melalui analisis matrik SWOT sehingga didapatkan alternatif untuk merumuskan strategi melalui QSPM tersebut serta dapat meningkatkan produktivitas Waroeng Steak & Shake (WS). Berdasarkan hasil penelitian, alternatif strategi yang didapatkan yaitu mempertahankan citra atau image perusahaan, fasilitas restoran, mempertahan kualitas dan pelayanan produk untuk menarik konsumen, meningkatkan kemampuan manajemen dan kerjasama untuk tujuan perusahaan, memberikan layanan delivery order untuk konsumen, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran, melayani pangsa pasar menengah kebawah dengan menyediakan paket atau porsi khusus, dan menjaga hubungan baik dengan pemasok atau wilayah sekitar restoran. Hasil prioritas utama dari analisis tersebut yaitu mempertahankan citra atau image perusahaan dengan TAS 6.906.

English Abstract

Waroeng Steak & Shake is one type of business in culinary that provides a main menu of steaks. Problem of this Restaurant is faced increasing of business competition, especially a long road of Soekarno Hatta. This affects can decrease a profits, so companies need to formulate a marketing strategy to stabilize revenues. The purpose of this study is to obtain an alternative strategy formulated from the factors that determine in marketing their products and get an alternative formulation of the right strategy of product marketing can be applied to Waroeng Steak & Shake Soekarno Hatta Malang. In this study, QSPM method used to determine good marketing strategy alternative or priority to run the company, so that this method can be applied to Waroeng Steak & Shake (WS) to plan marketing strategies by identifying the internal and external factors were analyzed to formulate some alternative strategies through analysis SWOT matrix to obtain alternative to formulate strategies through the QSPM and can improve productivity Waroeng Steak & Shake (WS). Based on the research results, an alternative strategy is obtained which maintains image of the company, increased restaurant facilities, retain the quality and service of products to attract consumers, improving management and collaboration capabilities for the purpose of the company, providing service delivery order for the consumer, utilizing technological advances for marketing, servicing middle and lower market share by providing a package or specific portions, and maintain good relationships with suppliers or territories around the restaurant. The results of the main priorities of this analysis is to maintain the image of the company with TAS is 6.906

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/32/051501869
Uncontrolled Keywords: Matrik EFE, Matrik IFE, Pemasaran, SWOT, QSPM,-EFE Matrix, IFE Matrix,Marketing, SWOT, QSPM
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2015 07:10
Last Modified: 24 Nov 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150224
[thumbnail of SKRIPSI_A5_HANY_22_pdf_logo.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_A5_HANY_22_pdf_logo.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item