Analisis Positioning Keripik Kentang dan Implikasinya Terhadap Bauran Pemasaran (Studi Kasus pada UKM Gizi Food, Batu).

Absentia, Nenah (2015) Analisis Positioning Keripik Kentang dan Implikasinya Terhadap Bauran Pemasaran (Studi Kasus pada UKM Gizi Food, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu komoditas umbi-umbian yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Kentang memiliki sifat mudah rusak karena kandungan kadar air dalam kentang mencapai 80%. Salah satu cara agar kentang lebih tahan lama adalah mengolahnya menjadi keripik kentang. Banyaknya produsen keripik kentang di Batu saat ini menandakan bahwa persaingan keripik kentang di pasaran sangat ketat. Berbagai macam keripik kentang tersebut akan bersaing di pasaran dan berusaha menjadi produk terbaik dan menguasi pangsa pasar keripik kentang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis posisi produk keripik kentang “Gizi Food” dan produk keripik kentang pesaingnya, serta menganalisis sikap konsumen keripik kentang sehingga dapat memberikan usulan strategi bauran pemasaran keripik kentang. Analisis positioning yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis positioning menggunakan metode Biplot. Sedangkan untuk mengetahui sikap konsumen dalam membeli suatu prouduk digunakan analisis Fishbein. Analisis Biplot adalah analisis yang dapat menggambarkan posisi satu produk dengan posisi produk pesaingnya. Sedangkan, analisis Fishbein dilakukan untuk menganalisis sikap pembelian konsumen terhadap suatu produk yang dapat dikenali melalui atributatribut yang melekat pada produk tersebut. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 88 responden. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode linier time function. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah nilai sikap konsumen terhadap Keripik Kentang Gizi Food dinilai positif dengan nilai 156,53. Nilai tersebutlebih tinggi dibandingkan dengan nilai sikap keripik kentang peaingnya. Dari analisis biplot dapat diketahui bahwa Keripik Kentang Gizi Food unggul dalam hal rasa, kesesuaian harga dan keterjangkauan harga. Sedangkan kelemahannya terletak pada promosi secara langsung, desain kemasan dan iklan yang menarik. Dan strategi bauran pemasaran yang dapat diusulkan adalah pada strategi produk pihak Gizi Food perlu meningkatkan atribut desain kemasan. Untuk strategi harga dan tempat yang diterapkan sudah efektif dan perlu dipertahankan. Dan untuk strategi promosi, perlu adanya peningkatan pada kedua atribut yang ada, yaitu membuat iklan lebih menarik dan meningkatkan promosi secara langsung, sehingga konsumen bisa lebih mengenal produknya langsung dari produsen.

English Abstract

Potato (Solanum Tuberosum L.) is one of commodities tubers which have high economic value. Potato is easily damaged because the content of water in the potato reached 80%. One way that potatoes are more durable is manage it into potato chips. Many manufacturers of potato chips in Batu at this time indicates that competition in potato chips market is very tight. Various kinds of potato chips will compete in the market and seek to be the best products and mastering the market share of potato chips. The aim of this study is analyze position of “Gizi Food” Potato Chips and potato chips competitors products, and analyzes consumer attitudes potato chips that would make as proposal for a marketing mix strategy potato chips. Positioning analysis that conducted in this research was positioning analysis using Biplot method. While to know the attitude of consumers in buying a produk was analyzed using Fishbein. Biplot analysis was an analysis that can describe the position of one product with other position of competing products. Meanwhile, Fishbein analysis was conducted to analyze the attitude of consumers towards the purchase of a product that can be identified through the attributes attached to the product. Respondents involved in this research has reached 88 respondents. Determination of the number of respondents was conducted using a linear time function. Results of the research was the value of consumer attitudes toward potato chips “Gizi Food” considered to be positive for 156.53. That value was higher than the value of its attitude value of potato chips competitors. Result of Biplot analysis showed that potato chips “Gizi Food” excels in terms of x taste, price suitability and affordability. While the weakness was in the direct promotion, packaging design and advertising interest. Marketing mix strategy that can be proposed in product strategy was “Gizi Food” needs improve the packaging design attributes. Price and place strategy that was applied is effective and need to be maintained. For the promotion strategy, it needs to increase in both of the existing attributes, which make the advertising more attractive and increase the direct promotion, so that consumers know more about the products directly from the manufacturer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/312/051508601
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Biplot, Fishbein, Positioning,-Marketing Mix, Biplot, Fishbein, Positioning
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Dec 2015 08:38
Last Modified: 24 Nov 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150216
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item