Analisis Keterkaitan Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Menggunakan Partial Least Square (Studi Kasus Pada Umkm Roti Fresh Oven Di Kediri

Widiarji, Reta Wahyu (2015) Analisis Keterkaitan Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Menggunakan Partial Least Square (Studi Kasus Pada Umkm Roti Fresh Oven Di Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah UMKM keseluruhan di Kota Kediri pada tahun 2011 sebanyak 15.837 UMKM. Dari jenis produk roti dan kue jumlah perusahaan atau rumah produksi sebanyak 27 pada tahun 2010, pada tahun 2011 sebanyak 25 dan pada tahun 2012 sebanyak 32. UMKM roti fresh oven merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang makanan roti atau kue. Peran strategi pemasaran sangat penting untuk mencapai arah yang dituju sehingga UMKM roti dituntut untuk mengetahui strategi pemasaran serta cara memandang pasar (segmenting), mengoptimalkan pasar sasaran (targeting), dan menentukan posisi pasar (positioning). Strategi pemasaran dalam UMKM sangat berpengaruh dengan keputusan pembelian dari produk karena kemudahan mendapatkan produk yang diinginkan juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pemenuhan produk dipasaran selain dapat berdampak pada keputusan pembelian juga berdampak pada kepuasan konsumen, sehingga keterkaitan segmenting, targeting, dan positioning sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen dari UMKM roti fresh oven di Kota Kediri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menentukan keterkaitan segmenting, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian pada UMKM roti fresh oven di Kota Kediri dan menentukan keterkaitan antara keputusan pembelian dan kepuasan konsumen di UMKM roti fresh oven pada Kota Kediri. Dalam analisis ini metode yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Partial Least Square (PLS) merupakan metode penelitian yang powerfull karena dapat digunakan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel yang tidak harus besar. Alasan penggunaan metode PLS ini adalah dapat digunakan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel yang tidak harus besar. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen dapat dimodelkan dengan persamaan Y2 = 0,109 X1 + 0,144 X2 + 0,399 X3 + 0,485 Y1. Variabel positioning dan keputusan pembelian berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t-hitung > 1,661 (α = 0,05 dan df = 94), sedangkan segmenting dan targeting berpengaruh positif tidak signifikan. Faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terbesar adalah keputusan pembelian. Pengaruh tidak signifikan dalam kepuasan konsumen yaitu segmenting dan targeting perlu dilakukan pembenahan untuk meningkatkan penjualan UMKM.

English Abstract

Total UMKM in Kediri City in 2011 was 15.837 UMKM. There were 27 UMKM in form of bread and cake company and production house in 2010, 25 in 2011, and in 2012 there were 32 UMKM of the similar kinds. Fresh oven bread UMKM are UMKM that engaged in bread or cake sectors. Marketing strategy roles are essential in achieving the designated direction so that bread UMKM are challenged to discover marketing strategies and ways to view markets (segmenting), optimizing target markets (targeting), and determining market position (positioning). Marketing strategy in UKM is so much influencial towards purchasing decision of products because of its simplicity in obtaining the desired products and also influences consumer purchasing decision. Product fullfilment in markets aside from impacting purchasing decisision, it could also impact consumer satisfaction, so that the relationship between segmenting, targeting and positioning is so much influencial toward purchasing decision and customer satisfaction from fresh oven bread UMKM in Kediri City. Thus, this research is aimed to determine the relationship between segmenting, targeting and positioning toward purchasing decision in fresh oven bread UMKM in Kediri City and determine relationship between purchasing decision and consumer satisfaction in fresh oven bread UMKM in Kediri City. Method used in this analysis was Partial Least Square (PLS). Partial Least Square (PLS) is a powerfull research method as it could be utilized in entire data scales and does not need much assumptions and huge sample sizes. The reason for using PLS is that because this method could be applied on iv entire data scales, does not need much assumptions and does not need huge sample sizes. Research result showed that consumer satisfaction could be modeled with the following equation Y2 = 0,109 X1 + 0,1442 X2 + 0,399 X3 + 0,485 Y1. Positioning and purchasing decision variables had significant positive influence towards consumer satisfaction with t-count > 1,661 (α = 0,05 and df = 94), while segmenting and targeting had positive but not significant influence. The biggest factor that influencing consumer satisfaction was purchasing decision. No significant influence in consumer satisfaction was segmenting and targeting reform needs to be done to increase UMKM selling

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/311/051508600
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Positioning, Segmenting, Targeting,-Consumer Satisfaction, Purchasing Decision, Positioning, Segmenting, Targeting.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Dec 2015 08:27
Last Modified: 24 Nov 2021 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150215
[thumbnail of BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_METODE_PENELITIAN_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_III_METODE_PENELITIAN_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_A5.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN__A5.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN__A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of V_KESIMPULAN_DAN_SARAN_A5.pdf]
Preview
Text
V_KESIMPULAN_DAN_SARAN_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PENDAHULUAN_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PENDAHULUAN_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_A5_2.pdf]
Preview
Text
Cover_A5_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item