Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Pada Pia Cap Mangkok Malang

Pamilasari, Yuantika (2015) Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Pada Pia Cap Mangkok Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pia menjadi salah satu produk makanan yang banyak diminati. Pia Mangkok merupakan salah satu industri yang memproduksi pia di Kota Malang. Untuk variasi rasa yang tersedia cukup beraneka ragam antara lain ada rasa cokelat, kopi, durian, keju, dan tangwe serta rasa kacang hijau sebagai rasa original pia pada umumnya. Berkembangnya usaha pia sebagai industri makanan di kota Malang menyebabkan adanya persaingan bisnis dalam bidang makanan. Sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan dengan industri pia lainnya. Penelitian tentang perencanaan strategi pemasaran di Pia Mangkok ini bertujuan untuk mengetahui rumusan perencanaan strategi pemasaran yang tepat di Pia Mangkok, sehingga dapat menarik minat konsumen dan dapat mengoptimalkan strategi pemasaran.Metode yang digunakan yaitu analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor pembobotan matriks IFE sebesar 2,631 dan pada matriks EFE sebesar 2,848. Berdasarkan skor tersebut didapatkan matriks IE terletak pada sel V, Strategi yang sesuai untuk pemasaran adalah hold and maintain (jaga dan pertahankan). Matriks SWOT menggabungkan antara faktor internal dengan faktor eksternal yang telah diidentifikasi sehingga diperoleh sepuluh alternatif pemasaran. Hasil dari matriks QSPM menunjukkan strategi yang paling efektif dan memiliki prioritas utama untuk dilakukan adalah Menjaga loyalitas konsumen dan memperluas pangsa pasar dengan pembukaan outlet dan jaringan distribusi.

English Abstract

viii YUANTIKA PAMILASARI. 115100300111003. Plan of Product’s Marketing Strategy Using SWOT QSPM (Research at Pia Cap Mangkok Malang). Minor Thesis. Supervisor: Ir. Usman Effendi,MS. and Dr.Ir. Imam Santoso, MP SUMMARY Pia is one of favorite food products . Pia Mangkok is one of the food industry that produce pia in Malang. It has many variety of flavors for example chocolate, coffee, durian, cheese, and tangwe and green beans taste as the pia’s original flavor. The development of pia industry in Malang cause business competition in the food industry. So need a marketing strategy to face competition with other pia industry. Research on the planning of marketing strategies in this Pia Mangkok aims to determine the appropriate marketing strategy formulation in Pia Mangkok, to attract consumers and optimize marketing strategies. The method used SWOT analysis and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The results showed that the weighting scores of matrix IFE is 2.631 and EFE matrix is 2.848. Based on the scores the IE matrix located in V cell, the suitable marketing strategy is hold and maintain. There was ten strategy alternatives obtain by combining internal factor and external factor using SWOT matrix. Results from QSPM matrix shows that the most effective strategy and have the first priority to do is maintain customer loyalty and expand market share by opening outlets and distribution networks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/277/051508566
Uncontrolled Keywords: internal dan eksternal, alternatif strategi, pemasaran,-internal and external, alternative of strategy, marketing
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Dec 2015 11:27
Last Modified: 22 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150176
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item