Amalia, Lidya (2015) Perencanaan Strategi Pemasaran Fillet Ikan Beku Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM (Studi Kasus: PT Inti Luhur Fuja Abadi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Agroindustri merupakan salah satu sektor perkembangan perikanan. Kegiatan yang dilakukan dalam sektor agroindustri merupakan pengolahan hasil perikanan yang dapat memperpanjang umur simpan komoditas serta sebagai upaya peningkatan mutu bahan. Inti Luhur Fuja Abadi (ILUFA) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri terutama bidang perikanan. PT ILUFA memiliki banyak jenis ikan yang diproduksi. Namun strategi pemasaran yang kurang maksimal membuat beberapa jenis ikan jarang sekali dipesan oleh konsumen atau bahkan dihapus dari daftar ikan yang dijual pada PT ILUFA. Seperti ikan Lencam, Kaci-kaci, Gabus Laut, dan Kakap Sawo. Strategi pemasaran tersebut tidak bisa menjadi jaminan suatu perusahaan dapat bertahan dalam suatu industri. Agar tetap unggul dalam persaingan suatu perusahaan harus merencanakan suatu strategi pemasaran sehingga diperoleh beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk mengembangkan suatu perusahaan. Metode yang digunakan yaitu analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Analisis SWOT digunakan untuk menentukan alternatif-alternatif strategi pemasaran, sedangkan QSPM digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang paling efektif sesuai kondisi internal dan eksternal. Secara umum, penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pemasukan, pencocokan, dan keputusan.
English Abstract
Agro-industry is one sector of fisheries development. The activities carried out in the sectors of agro-industry is the processing of fishery products that can extend the shelf life of commodities as well as improving the quality of the material. PT ILUFA is one of company dealing in the field of agro-industry especially in the field of fisheries. PT ILUFA has many kinds of fish are produced. But less than the maximum marketing strategy makes several types of fish are rarely ordered by the consumer or even removed from the list of fish sold at PT ILUFA, like fish Lencam, Kaci-kaci, Cork Sea, and Sawo. The marketing strategy cannot be a guarantee of a company can survive in an industry. In order to stay ahead of the competition a company must plan a marketing strategy in order to obtain some of the alternatives that can be selected to develop an enterprise. The method used is SWOT analysis and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). SWOT analysis is used to determine the marketing strategy alternatives, while QSPM used to determine the most effective marketing strategies appropriate internal and external conditions. In general, this study is divided into three phases: entry, matching, and decisions. Stage income is the stage of analysis of internal and external factors of marketing. Matching stage is the stage of determining alternative marketing strategies. Decision stage is the stage of determining the best marketing strategies to apply.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2015/264/051508553 |
Uncontrolled Keywords: | alternatif strategi, internal dan eksternal, pemasaran,-strategy, internal, external, marketing |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 14:04 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150162 |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB+IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB+I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB+II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB+III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |