Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: di Restoran Gule Kepala Ikan Mas Agus Malang

Kusumaningrum, Nia Tri (2015) Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: di Restoran Gule Kepala Ikan Mas Agus Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis, selain dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi, makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Salah satu restoran yang ada di kota Malang adalah Gule Kepala Ikan Mas Agus. Restoran ini menjual berbagai macam menu olahan laut dengan citarasa yang khas. Menu utama yang ditawarkan oleh restoran ini adalah gulai dengan bahan utama kepala ikan lengkap dengan tulangnya hingga ekor. Mengacu pada kondisi sekarang ini maka digunakanlah bentuk pemasaran yang mencoba menganalisis pelanggan dengan menggunakan model-model psikologis dalam menganalisis perilaku pelanggan yaitu Experiential Marketing. Berdasarkan hasil observasi dengan pihak Manager, permasalahan yang dihadapi adalah menurunnya jumlah konsumen sehingga menyebabkan tidak tercapainya target penjualan sebesar 10-20% diakhir tahun 2014, dikarenakan restoran ini berpindah tempat dari Jalan Kawi ke Jalan Pulosari. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menentukan keterkaitan antara Experiential Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini diolah dengan menggunakan metode Generalized Structure Component Analysis (GSCA). GSCA digunakan untuk mendapatkan model struktural yang lebih baik guna keperluan prediksi. Kriteria yang dijadikan sampel adalah konsumen Restoran Gule Kepala Ikan yang melakukan pembelian minimal 2 kali dalam 1 bulan terakhir dengan rentang usia 17-55 tahun. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non probability yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 sampel. Variabel yang digunakan adalah Sense, Feel, Think, Act, Relate dan Keputusan Pembelian Konsumen. Hasil analisis pengaruh experiential marketing terhadap keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai goodness of fit (FIT) sebesar 0,466 dengan tingkat signifikansi 95% sehingga model struktural dinyatakan cukup baik dalam menjelaskan keragaman variabel sense, feel, think, act, relate dan keputusan pembelian konsumen sebesar 46,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa feel, think, dan act memiliki pengaruh yang signifikan tapi, sense dan relate tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

Food bussines is one kind of business that much preferred by businessman, besides can produce a high profits , food is a basic requirement of society. One of the restaurants in Malang city is Gule Kepala Ikan Mas Agus. This restaurant sells a variety of seafood with a distinctive flavor. The main menu offered in this restaurant is Gulai with the main ingredient is whole body of fish. Refers to the current condition, it is used form of marketing that try to analyze customers using psychological models in analyzing customer behavior is Experiential Marketing. Based on observations with the Manager, the problem is the declining number of consumers, that cause not achieved the sales target of 10-20% in the last 2014, because the restaurant is migrated from Kawi street to Pulosari street. The objective of this study was to determined the relationship between Experiential Marketing on consumer purchasing decisions. This study treated using Generalized Structure Component Analysis (GSCA). GSCA use to obtain a better structural model for purposes of prediction. Criteria for the sample is consumers of Gule Kepala Ikan Restaurant who made a purchase at least 2 times in the last 1 month with range of age between 17-55 years old. The sampling technique is done with non-probability technique is purposive sampling. The samples used were 84 samples. The variables used were Sense, Feel, Think, Act, Relate and Consumer Purchase Decisions. Results showed that analyzing of the influence of experiential marketing on consumer purchasing decisions gain the value of goodness of fit (FIT) of 0.466 with a significance xvi level of 95% so that the structural model is expressed quite well in explaining the diversity of variables sense, feel, think, act, relate and consumer purchasing decisions by 46, 6%. The results showed that feel, think, and act has a significant influence but, sense and relate not have a significant influence on purchasing decisions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/263/051508552
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, GSCA, Gule Kepala Ikan Mas Agus, Keputusan Pembelian.,-Experiential Marketing, GSCA, Gule Kepala Ikan Mas Agus, Purchasing Decisions
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Dec 2015 13:56
Last Modified: 17 Nov 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150161
[thumbnail of 3._Isi.pdf]
Preview
Text
3._Isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Halaman_Judul,_Lembar_Persetujuan-Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
2._Halaman_Judul,_Lembar_Persetujuan-Daftar_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item