Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Kopi Sidoluhur Malang

Muchlashin, Moch Hima (2015) Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Kopi Sidoluhur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah dari elemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalam bauran pemasaran selain produk, harga, promosi, dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen mendapatkan produk. Pemilihan saluran distribusi kurang tepat mengakibatkan produk bagus kurang bermanfaat bagi pemakainya karena melewati batas waktu kebutuhan konsumen. Perusahaan Kopi Sidoluhur merupakan produsen kopi bubuk kemasan dan curah yang telah didistribusikan di Malang Raya. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi tipe langsung. Pertama mengunakan armada langsung ke konsumen. Kedua memakai armada ke toko kemudian ke konsumen. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah stokies. Di sisi lain, perusahaan menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung dengan pemasaran via kendaraan yaitu 20,48%, dan ROI sebesar Rp.1.058.970.817

English Abstract

One element of marketing management which can not be separated from the other elements are included in the distribution in addition to the marketing mix of product, price, promotion, and sales. Selection of appropriate distribution channels on the company can be easier for consumers to get their products and provide optimal results for the company. Selection of the lack of proper distribution channels will result in a good product less useful for the wearer because of overdue consumer needs. Sidoluhur Coffee Company is a manufacturer of packaging and bulk ground coffee which has been distributed in Malang. The company uses two types of direct distribution channels. First use the fleet directly to consumers. Both wear the fleet to store and then to consumers. During this time, the analysis of distribution channels in the company has not been done, while the company wants to expand its business by adding stokies. On the other hand, companies always want the maximum sales volume. The purpose of this study is to analyze and determine which distribution channels are more efficient as well as distribution channel which provides the highest profit in order to increase sales value. Analysis of distribution channels is done by comparing the cost efficiency analysis of distribution and sales volume between channels and analysis of the estimated return of investment as (ROI) calculates the largest profit among channels calculated from the cost of distribution. The analysis results showed that the most efficient distribution channels using direct distribution with marketing via the vehicle is 20.48%, and ROI amounted to Rp.1.058.970.817

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/251/051504968
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Efisiensi Biaya, Return Of Investment (ROI), Sidoluhur
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jul 2015 13:21
Last Modified: 16 Nov 2021 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150148
[thumbnail of Skripsi-Moch_Hima_Muchlashin_(105100701111006).pdf]
Preview
Text
Skripsi-Moch_Hima_Muchlashin_(105100701111006).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item