Perencanaan Strategi Pemasaran Minuman Sari Apel “Dewata” dengan Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix

Chasnaq, Chafida Rofiatul (2015) Perencanaan Strategi Pemasaran Minuman Sari Apel “Dewata” dengan Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan penghasil buah apel yang sangat tinggi. Minuman sari buah apel termasuk yang paling diminati dari sekian produk olahan apel. Salah satu industri olahan apel di Kota Batu adalah CV Segar Buah Hutama yang memproduksi minuman sari buah apel merk “Dewata” yang didistribusikan di Malang dan sebagian di Kediri dan Banyuwangi. Tipe saluran distribusi minuman sari apel “Dewata” ialah tidak langsung dengan satu saluran distribusi melalui toko dan pusat oleh-oleh di wilayah Malang Raya. Persaingan timbul di tengah banyaknya merk dan harga jual yang lebih rendah. CV Segar Buah Hutama harus mengetahui faktor internal dan eksternal untuk mengidentifikasi strategi pemasaran minuman sari apel “Dewata”. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal dengan pendekatan SWOT, merumuskan dan menganalisis alternatif strategi pemasaran dengan pendekatan SWOT, serta menentukan dan memformulasikan prioritas strategi pemasaran dengan pendekatan QSPM. Perencanaan strategi pemasaran dilakukan agar dapat bersaing dan bertahan di masa depan. Metode QSPM diharapkan mengatasi masalah pemasaran khususnya persaingan antar produsen sejenis dengan menyusun prioritas alternatif strategi pemasaran yang tepat. Kekuatan utama CV Segar Buah Hutama ialah kualitas produk. Kelemahan utama yang dimiliki ialah kemasan yang serupa dengan produk sejenis. Peluang utama ialah perkembangan pariwisata Kota Batu. Ancaman utama perusahaan adalah fluktuasi harga bahan pembantu dan bahan bakar. Berdasarkan matriks IFE, CV Segar Buah Hutama mendapatkan skor 2,48 mengindikasikan bahwa perusahaan belum memiliki kekuatan yang cukup untuk mengatasi ii kelemahan. Berdasarkan matriks EFE, skor yang didapatkan sebesar 2,33 yang mengindikasikan bahwa perusahaan belum efektif mengambil keuntungan dari peluang dan meminimalkan efek dari ancaman dalam industri minuman sari apel. Berdasarkan Matriks IE, diperoleh kesimpulan bahwa saat ini CV Segar Buah Hutama berada pada kuadran yang berarti bahwa perusahaan berada pada tahap Growth and Stability. Formulasi strategi yang sebaiknya diterapkan adalah market penetration and product development strategy. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 10 alternatif strategi. Prioritas alternatif strategi pemasaran berturut-turut yaitu mendorong promosi aktif dari mulut ke mulut terhadap konsumen dan distributor dengan membuktikan kualitas minuman sari apel “Dewata”, meningkatkan daya saing melalui kualitas produk dan pelayanan perusahaan, serta mengoptimalkan bahan baku serta minimasi biaya produksi.

English Abstract

iii CHAFIDA ROFIATUL CHASNAQ. 115100301111016. Marketing Strategic Planning of “Dewata” Apple Beverages Using Quantitative Strategic Planning Matrix Method (Case Study at CV Segar Buah Hutama, Bulukerto Kota Batu). Minor Thesis. Supervisor: Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, STP, MP. Co-Supervisor: Dr. Ir. Imam Santoso, MP. SUMMARY Kota Batu is a high producer of apples. Apple beverages is the most desirable among processed apple products. One of the apple processing industry in Kota Batu is CV Segar Buah Hutama that produces “Dewata” apple beverages were distributed in Malang and partly in Kediri and Banyuwangi. Type of distribution channel “Dewata” apple beverages was undirected link to one distribution channel through shops and souvenir centre in Malang Raya. Competition arising among many brands and lower selling prices. CV Segar Buah Hutama should know the internal as well as external factors to identify marketing strategies of “Dewata” apple beverages. The goals of this research are to identify and analyse the internal and external factor using SWOT method, formulating and analysing alternative marketing strategy using SWOT method, as well as determining priorities and formulating marketing strategies priority using QSPM method. Planning strategy of marketing is done in order to compete and survive in the future. QSPM method is expected to solve the problem with marketing in particular the competitions among producers similar with at prioritizing alternative marketing strategies proper. The main strength of CV Segar Buah Hutama is the product quality. The main weakness is owned by a similar packaging with similar product. Main opportunities is the development of tourism in Kota Batu. The company’s main threat is the fluctuation in the price of supplies and fuel. Based on IFE Matrix, CV Segar Buah Hutama score 2,48 indicates that company is not yet have the necessary strength to overcome weakness. Based on EFE Matrix, a score obtained by 2,33 which indicates that the company has not been effective take advantage of opportunities and minimize the effect of the threat in the apple iv beverages industry. Based on the IE Matrix, obtained the conclusion that current CV Segar Buah Hutama is at the quadrant V which means that the company is at the stage of Growth and Stability. Formulation of the strategy should be applied is the market penetration and product development strategy. Based on the analysis, obtained 10 alternative strategies. Alternative priority marketing strategies in a row that is promote active by word of mouth to consumer and distributor with prove the quality of “Dewata” apple beverages, increase the competitiveness through quality products and services company, as well as optimizing raw materials and minimizing production cost.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/250/051504967
Uncontrolled Keywords: sari apel, pemasaran, strategi, SWOT, QSPM
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Jul 2015 13:17
Last Modified: 16 Nov 2021 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150147
[thumbnail of 2._Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
2._Pendahuluan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover.pdf]
Preview
Text
1._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
3._Laporan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Hal.judul,_Persetujuan,_Pengesahan_DLL.pdf]
Preview
Text
2._Hal.judul,_Persetujuan,_Pengesahan_DLL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item